Berita Nasional Terpercaya

Sempat Ditentang Keluarga, Pria Ini Sukses Berkat Menjadi Tukang Cuci

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com— Apakah kamu pernah mengalami kebangkrutan dalam bisnis? Apa yang bisa anda lakukan ketika anda bangkrut? Meratapi keadaan? Putus asa? Stress?

Pemuda bernama Agung Nugroho Susanto (31 th) merupakan pengusaha muda asal Bandar Lampung yang mengalami kebangkrutan sebelum akirnya berakhir sukses berkat menjadi tukang cuci. Bagaimana kisahnya?

Pemuda ini dikenal sebagai seorang pekerja keras, mandiri, rajin dan ulet. Ketika kuliah, ia sudah membuka usaha sendiri. Di semester 4  ia bersama rekannya membuka usaha distro kecil-kecilan. Membuka usaha distro bisa dibilang ‘perjudian’ bagi Agung, sebab bagaimanapun ia masih sangat pemula dan pekerjaan tersebut dapat merusak konsentrasinya sebagai seorang mahasiswa. Sempat mendirikan cabang di tempat lain, namun usaha itu sia – sia. Tak bisanya memanage waktu dan perbedaan visi antara Agung bersama rekannya membuat usaha distronya mengalami kebangkrutan. Hal serupa juga terjadi pada bisnis konter handphone yang dibukanya, kurangnya pemahaman tentang pengelolaan bisnis yang baik, membuat usaha itu juga bangkrut.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Walaupun dua usahanya bangkrut, hal itu tak membuat Agung putus asa, dengan modal tekad dan keyakinan bahwa ia akan menjadi seorang pengusaha sukses, pemuda berkacamata ini kembali mencoba peruntungannya menjadi wirausahawan sukses dengan membuka usaha laundri seusai melihat peluang usahanya yang besar. Berkat modal hasil pinjaman orangtua dan menjual BPKB motor, kemudia ia mulai menyewa tempat, merekrut pegawai, dan membeli 1 mesin cuci ditambah 1 mesin pengering. Jadilah sebuah laundri yang di beri nama “Simple Fresh Laundry”.

Usaha laundri di Jogja saat itu sedang naik daun, tak mau kalah bersaing, Agung mulai coba memberikan penawaran yang berbeda dengan menerapkan tarif kiloan, 1 kg dihargai Rp.3.800. Alhasil promosi itu sukses memikat warga Jogja, laundrinya tak pernah berhenti beroperasi, sampai-sampai Agung juga pernah tak tidur sebab harus membantu pegawainya melayani konsumen karena ia hanya memiliki 1 mesin cuci dan 1 mesin pengering. Simply Fresh Laundry sangat mengutamakan pada pelayanan dengan moto “Laundry Kiloan Kualitas Hotel”. Salah satu bentuk pelayanan itu ialah pemberian hadiah pada pelanggan untuk setiap transaksi dengan ketentuan tertentu.

Walau ketika itu usaha laundrinya sudah berkembang besar, Agung yang merupakan seorang sarjana hukum sempat mendapat tentangan keluarganya yang tak setuju bila Agung menjadi seorang ‘tukang cuci’. Namun hidup adalah sebuah keputusan, Agung tetap berkeyakinan bahwa ia akan menjadi pengusaha laundri yang sukses. Buah dari keyakinan itu sudah ia buktikan, mulanya ia cuma memiliki 1 outlet laundri, dalam beberapa waktu berkembang menjadi 3 outlet, lalu terus beranak menjadi 30. Hingga kini ia sudah mempunyai lebih dari 200 cabang yang tersebar di puluhan kota Indonesia, terlebih rencananya ia mau mendirikan cabang di Malaysia dan juga di Singapura. Lebih dari 3 milyar setiap bulannya berhasil ia kantongi dan yang terpentinga ia sukses membuktikan kepada keluarganya bahwa seorang ‘tukang cuci’ juga bisa menjadi kaya. Dengan kerja keras di masa muda membuahkan hasil, kini Agung adalah salah seorang wirausahawan muda yang sukses.

Apa kamu yakin akan menjadi orang sukses juga? Ayo perjuangkan.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.