Berita Nasional Terpercaya

Proposal Anda ditolak Terus? Belajarlah Dari Pria Ini, Siapa Tau Anda Menyusul Bukalapak

0

JAKARTA, HarianBernas.com— Bagaimana menurut anda jika anda acap kali ditolak dalam proposal yang anda ajukan disetiap perusahaan?

Apa yang anda lakukan?

Kesal? bingung? putus asa?

Achmad Zaky, berhasil sukses menjadi founder dan CEO Bukalapak.com berkat penolakan – penolakan proposal ke berbagai perusahaan yang seringkali dialaminya. Lalu mengapa dengan proposal yang selalu saja ditolak perusahaan justru mampu membuat Zaky sukses?

Pada mulanya, banyak investor yang menolak proposal yang diajukannya. Tetapi, penolakan-penolakan itu malah membuatnya untuk terus berbenah supaya jadi lebih baik lagi. Ia yakin karena konsep bisnis yang didirikannya melalui Bukalapak adalah sebuah produk yang baik, bisa selalu berkembang, dan dapat berlanjut. Berkat penolakan-penolakan tersebut, Zaky menyimpulkan bahwa kunci kesuksesan agar memperoleh kepercayaan dari investor ialah dengan membuktikan bahwa produk yang ditawarkan memang sudah terbukti baik dan bisa slalu berkembang secara berkesinambungan. Dengan fakta tersebut membuat Zaky bersama timnya terus memperbaiki kinerja Bukalapak.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Kiat sukses untuk mendekatkan dirinya kepada calon investor ialah selalu aktif  ikut di berbagai konferensi yang ada hubungannya dengan startup. Zaky yang menjadi  founder di Bukalapak juga tekun menciptakan jejaring dan memperkenalkan Bukalapak pada semua orang dan calon investor. Siapa sangka, ternyata hasilnya efektif memuaskan. Setelah setahun berdiri, Bukalapak sukses memeperoleh modal usaha dari Batavia Incubator, perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group.

“Modal usaha dari Batavia Incubator ini kita manfaatkan untuk lebih mengembangkan Bukalapak. Kita mampu membuat kinerja bisnis Bukalapak tetap tumbuh secara konsisten (steady grow) bahkan tumbuh secara eksponensial,” ujar Zaky. Melihat kinerja Bukalapak yang luar biasa ini membuat sebuah perusahaan investor asal Jepang, GREE Venture terpikat. Berkat perjuangan yang gigih, Zaky sukses menyakinkan petinggi Gree dan akhirnya Bukalapak memperoleh kucuran dana dari Gree.

“Rahasianya, sebagai startup haruslah mempunyai kepercayaan diri disaat mempresentasikan bisnisnya. Percuma jika bisnis bagus, namun kita tak bisa menyampaikan kepada orang lain melalui sebuah presentasi. Dan semestinya jikalau bisnis kita bagus tentu kita akan punya kepercayaan diri yang tinggi untuk menawarkan bisnis kita kepada investor,” papar Zaky.

Dalam jangka waktu 4 tahun sejak berdiri pada 2010, Bukalapak telah sukses memperoleh dana investasi dari 5 investor berbeda yakni; Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures (serie A). Terakhir, pada Februari 2015, Bukalapak memperoleh suntikan investasi serie B dari Emtek Group – SCTV Group (PT Kreatif Media Karya).

Kiat sukses menggaet investor ini tidak hanya bisa bagi pemula saja, tapi juga bisa digunakan oleh siapa saja yang sedang merintis usaha dan yang sedang membutuhkan investor atau tambahan modal usaha, termasuk para pengusaha UKM.

Apakah anda ingin mengikuti jejaknya?

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.