Berita Nasional Terpercaya

Kenalkan Kesadaran Lingkungan Sejak Dini, Gerakan?Cinta Pohon Dikampanyekan

0

TEMANGGUNG, HarianBernas.com — Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengajak anak-anak untuk mencintai pohon pada Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon.

Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon Kabupaten Temanggung yang dipusatkan di lapangan Kelurahan Giyanti, Kecamatan Temanggung, Selasa (8/12), melibatkan sejumlah anak dari perwakilan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan, Kabupaten Temanggung, Masrik Aamin mengatakan acara hari menanam dengan tema “Menanam Pohon Sejak Usia Dini untuk Masa Depan yang Lebih Cerah” merupakan salah satu upaya sosialisasi bagi anak-anak untuk mencintai pohon.

Kegiatan yang dihadiri Bupati Temanggung, Bambang Sukarno tersebut juga diwarnai penyerahan bantuan bibit pada sejumlah PAUD di Temanggung.

“Kegiatan ini diselenggarakan di kota karena orientasinya sosialisasi. Selain melakukan gerakan menanam, kami juga membagikan brosur untuk mencintai lingkungan, terutama tanaman pada anak-anak,” katanya.

Ia mengatakan melalui sosialisasi ini diharapkan anak-anak senang terhadap pohon sehingga nantinya mereka teringat terus dengan ikut menanam pohon ini.

“Melalui kegiatan ini anak-anak dilatih untuk senang terhadap pohon sejak dini sehingga nantinya berdampak pada pelestarian lingkungan,” katanya. Pada gerakan menanam pohon tersebut, anak-anak diajak menanam pohon damar di sekeliling Lapangan Giyanti.

Secara terpisah sejumlah peserta menanam pohon saat kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) di tepi Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal. Sebanyak 2.000 berbagai jenis pohon oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan, TNI dan Polisi tersebut untuk mencegah terjadinya banjir, tanah longsor dan mendukung kedaulatan pangan, air dan energi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.