Berita Nasional Terpercaya

Amankan 5.597 TPS dalam Pilkada Serentak Hari Ini, Polda DIY Siagakan Dua Pertiga Kekuatan

0

JOGJA, HarianBernas.com — Menghadapi pesta demokrasi daerah, Pilkada serentak, yang akan digelar di tiga kabupaten di DIY, Polda DIY menyatakan kesiapannya untuk mengamankan dan menyukseskan jalannya Pilkada.

Kapolda DIY Brigjen Polisi Erwin Triwanto, Minggu (6/12) siang, kepada HarianBernas.com usai meluncurkan program SIM online menuturkan, pihaknya akan mengerahkan dua pertiga kekuatan untuk menjaga kondisi kamtibmas baik sebelum, pada hari pencoblosan, dan pasca pengumuman rekapitulasi penghitungan suara oleh pihak KPU di tiga kabupaten.

Saat disinggung tentang kondisi kamtibmas saat ini, Kapolda menyatakan situasi masih kondusif dan dirinya berharap kondusivitas tetap akan berlangsung hingga usai Pilkada. ?Sampai saat ini belum ada situasi yang cukup bergejolak, bahkan beberapa warga menyampaikan apresiasi kepada kami dari aspek preemtiv terkait keberhasilan mencegah friksi antar kelompok,? katanya.

Erwin menyebutkan pihaknya mengerahkan dua pertiga kekuatan ditambah dengan personel dari ketiga Polres yang menggelar Pilkada. Sebab itu, Polda DIY belum merasa perlu melakukan penambahan personel yang mencolok.

?Penambahan personel tidak ada. Semuanya masih sesuai dengan rencana yang telah kita susun sebelumnya. Kerawanan kita sampai saat ini masih tidak ada yang signifikan ya, hanya friksi antar massa pendukung yang sempat kita khawatirkan dan telah berhasil diantisipasi,? sebutnya.

Di hadapan sejumlah media, Kapolda meminta agar masyarakat bersama-sama aparat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, khususnya di hari tenang saat ini. Kapolda mengingatkan sudah menjadi tugas bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi daerah yang akan memilih calon kepala daerah baru ini.

?Saya berharap seluruh warga masyarakat turut menjaga situasi kamtibmas. Minimal, masyarakat bisa menginformasikan kepada aparat jika ada potensi gangguan ketertiban lewat telepon atau SMS,? ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kapolres Cilacap itu.

 

Amankan 5.597 TPS

Ketika disinggung rencana yang akan dilakukan aparat untuk mencegah potensi politik uang (money politics) saat mendekati hari pencoblosan, Kapolda menekankan langkah preemtiv dan preventif akan dilakukan jajarannya. Khususnya lewat peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

?Itu salah satu potensi pelanggaran pemilu, tapi belum tentu ada. Meski begitu, kami telah menyiapkan personel dan melakukan pendekatan ke masyarakat lewat aspek preemtiv dan preventif,? tutur dia.

Dalam momentum Pilkada serentak di tiga kabupaten, Polda DIY akan mengamankan 5.597 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan dibantu personil Linmas dan juga elemen masyarakat. Dari jumlah TPS tersebut, aparat kepolisian juga telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah TPS yang tergolong rawan dan memperkuat sisi pengamanan di TPS-TPS rawan.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti menyebutkan pola pengamanan antara TPS aman dan TPS rawan akan dibedakan. ?Jika di TPS aman akan ditugaskan dua anggota Polri, 10 anggota Linmas untuk lima TPS. Sedangkan untuk TPS rawan I pembagiannya dua Polri, empat Linmas untuk menjaga empat TPS,? tutur Anny.

Sementara dari 5.597 TPS yang ada, hanya tiga TPS yang tergolong kategori rawan. Ketiganya terletak di Kabupaten Bantul, dan dua di antaranya ada di Kecamatan Pundong.

?Termasuk TPS Rawan I adalah TPS Geges Seloharjo Pundong dan TPS Sorotop juga di Seloharjo Pundong. Ini karena tempatnya sangat jauh dan terpencil,? ungkap dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.