Berita Nasional Terpercaya

Es Pisang Ijo Yang Semanis Senyumku dan Semanis Buah Dari Perjuanganku

0

BANDUNG, HarianBernas.com— Menjadi seorang pengusaha butuh perjuangan ekstra keras untuk mendapatkan kesuksesan. Setuju? 

Anda ingin mencoba membuka usaha sendiri, namun bingung usaha apa yang akan anda dirikan?

Di sini ada kisah seorang gadis belia yang hanya bermodal minim, namun bisa meraup omset jutaan rupiah perharinya. Anda penasaran? 

Bermodal minim dalam mengawali usaha tidak membuat seseorang itu gagal membangun usahanya. Itu yang dialami seorang gadis kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 26 Maret 1986 yang bernama lengkap Riezka Rahmatiana, pemilik usaha Justmine Pisang Ijo. Gadis belia ini termasuk salah satu perempuan yang mengalami jatuh bangun dalam mencapai kesuksesannya. Bagaimana kisahnya?
Sebelum sukses, Riezka sempat mengalami kegagalan dalam berbagai bisnis seperti bisnis kafe, makanan, network marketing, dan membuatnya terlilit banyak utang. Dengan sisa uang yang dimilikinya, Riezka pun mendapat ide untuk menjual es pisang ijo asli Makassar pada tahun 2008.

Baca juga: Inilah Bedanya Tepung Tapioka, Tepung Terigu dan Berbagai Tepung Lainnya

“Bisnis ini saya mulai dengan modal Rp 150.000 yang digunakan untuk bahan baku membuat pisang ijo,” ungkap Riezka, saat pembukaan Ernst &Young Entrepreneurial Winning Women 2013 di Jakarta, beberapa waktu lalu. Ia mencari resep pisang ijo yang paling cocok dengannya, termasuk belajar langsung dari pemilik restoran Makassar. 
Apakah usahanya bisa berjalan mulus?

“Tantangan kembali dihadapi karena orangtua tidak setuju kalau saya jualan pisang ijo. Namun, saya tetap kekeuh mau usaha ini karena saya yakin pasti sukses,” tambahnya.

Dengan kepercayaan diri dan keyakinan akan sukses, Riezka bertekad melanjutkan usahanya. Hasilnya, setelah dua bulan usahanya mulai terlihat hasilnya, dan disukai pasar. Ia pun lantas menambah varian es pisang ijonya dengan rasa cokelat, vanila, strawberry, dan durian.

Tahun 2009, Riezka sudah memiliki tiga cabang pisang ijo di kawasan Bandung. Tahun itu juga ia mulai mengubah sistem penjualan pisang ijonya menjadi sistem kemitraan. Sistem kemitraan ini dikembangkan menjadi salah satu cara pemberdayaan masyarakat sekitar untuk meningkatkan pendapatan tanpa harus repot memikirkan resep makanan dan proses pembuatannya.

Kesuksesan wirausahanya ini membuatnya meraih berbagai penghargaan seperti:
– The Young Entrepreneur Award
– Top 15 Franchises Best Choice
– Ernst & Young Entrepreneurial Wining Women 2012

Riezka mengungkapkan untuk mendapatkan kesuksesan, Anda tidak boleh egois saat mewujudkan impian Anda. Kini Riezka Rahmantia berhasil mengantongi uang rata rata 7 juta / hari dari hasil usahanya. Wah.. anda bisa kebayang berapa penghasilannya selama 1 bulan?

“Setiap orang punya impian untuk punya usaha dan sukses. Namun ketika hanya memikirkan kesenangan dan ambisi pribadi, usaha Anda bisa saja hancur dan putus asa. Anda membangun usaha dengan impian untuk membahagiakan keluarga, sehingga ketika gagal Anda akan terus termotivasi untuk bangkit dan sukses,” tambahnya.

Selain itu, Riezka juga berpendapat bahwa ketika menjadi wirausaha, anda juga harus banyak bergaul dengan pengusaha lain yang sudah sukses.

Baca juga: Bika Ambon, Makanan Khas dari Medan atau Ambon?

Leave A Reply

Your email address will not be published.