Berita Nasional Terpercaya

Bocah Berumur 12 Tahun Ini Sudah Menjadi Pengganti Ayahnya

0

Apa yang biasa dilakukan oleh anak umur 12 tahun pada umumnya?

Biasanya remaja  usia 12 tahun menghabiskan waktunya untuk sekolah, belajar, dan bermain, tetapi lain halnya dengan  remaja yang  bernama Abang  asal vietnam ini. Dimana setiap hari ia harus melakukan segalajenis kegiatan dan pekerjaan. Berawal saat dirinya bangun ia tidak henti-hentinya melakukan aktivitas. Dimana pagi-pagi usai bangun tidur ia segera bersiap untuk pergi ke sekolah.

 Ia berangkat sekolah bersama ke 3 adiknya, mereka berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari rumah. Siang hari ia pulang sekolah. Abang dan ketiga adiknya tersebut pergi ke tempat neneknya untuk menjemput adiknya yang paling bungsu yang masih berusia 30 bulan. Kemudian ia menyiapkan makan siang dan menyuapi adik bungsunya tersebut. Setelah itu, ia memandikan sang adik kemudian mengantarkan  sang adik untuk tidur. Dan sementara itu adik-adiknya yang lain selepas mandi juga membantu dirinya untuk melakukan pekerjaan rumah.

Ketika selesai  mengurus adik dan pekerjaan rumah, ia baru bisa beristirahat dengan tenang. Ia menghabiskan sedikit waktu luangnya untuk tidur. Dan usai bangun tidur ia pun harus membantu ibunya menyiapkan makan malam. Selanjutnya membantu ibunya mengurus adik-adiknya. Bahkan di tengah malam ia harus membantu ibunya untuk menyiapkan pesanan makanan. Dan ia baru bisa tidur malam pada pukul 03.00 dini hari.

Walaupun dirinya merasa letih,namun  ia tak pernah mengeluh sedikitpun. Abang harus merawat empat adik secara sekligus serta membantu ibunya di rumah tentunya akan sangat melelahkan bagi remaja 12 tahun ini. Meskipun begitu, abang tak pernah menyerah sedikitpun. Bahkan ia bisa sekolah dengan baik dan lulus di semua mata pelajaran meskipun ada salah satu mata pelajaran yang tertunda. Abang mengaku bahwa dirinya terkadang merasa letih ketika berada di sekolah, namun itu semua bukan masalah baginya karena ia masih bisa terjaga.

Sekarang Abang dan keluarganya telah mendapatkan bantuan dan donasi. Mereka telah memperoleh  bantuan berupa alat untuk memasak, kompor gas, kasur, kabinet dapur dan lain – lain. Bahkan ibunya mengatakan bahwa mereka bisa memperoleh donasi sebesar 1.270 dolar dalam setiap bulannya. Dan itu semua belum termasuk bantuan lainnya seperti kesehatan dan makanan.

Luar biasa bukan? tidak sampai di situ,.

Sang ibu yang bernama Madam Nora  membuka jasa katering untuk mendapatkan pendapatan lebih. Abang adalah anak yang bisa diandalkan untuk membantu dirinya. Menurutnya Abang adalah anak sekaligus pahlawan buat dirinya. Ia membantu sang ibu dari segala macam hal, ia pun selalu siap menolong sang ibu saat ibunya ketika sedang membutuhkan bantuannya, khususnya dalam hal mengurus rumah dan adik-adiknya. Meskipun terkadang sang ibu merasa berdosa, namun akhirnya sang ibu merasakan  lega sebab anaknya tersebut tulus melakukan itu semua.

Selain anak yang berbakti, menurut sang ibu Abang juga adalah tempat dirinya curhat. Ia tumbuh dewasa dengan sangat cepat sekali karen ia memahami situasi keluarganya tersebut. “Ia tidak pernah mengecewakan saya sama sekali,” tutur Madam Nora yang harus bercerai dengan suami pertamanya karena sang suami selalu mabuk-mabukan.

Sungguh anak yang berbudi pekerti baik ya, padahal masih 12 tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.