Berita Nasional Terpercaya

Setelah Seabad, Akhirnya Nenek ini Terbebas dari Buta Huruf

0

Adakah batasan usia dalam menempuh pendidikan?

Berbicara mengenai belajar dan memperoleh pendidikan, kapanpun, di manapun dan saat usia berapapun tentu bukan suatu masalah. Ketika seseorang memiliki semangat yang tinggi dan rasa kepercayaan diri yang tinggi, tidak ada kata terlambat untuk belajar serta memperoleh pendidikan.

Begitulah yang dialami oleh seorang nenek berusia 100 tahun di China baru saja bisa melakukan baca tulis setelah satu abad sebelumnya buta huruf. Nenek tersebut adalah Zhao Shunjin, dari Hangzou,China Timur. Saat usianya yang ke-100 tahun inilah, untuk pertama kalinya nenek ini bisa menuliskan namanya sendiri.

Bagaimana bisa?

Luo Rongsheng (70) putra nenek Zhao mengatakan bahwa sang ibu mengutarakan keinginannya untuk belajar membaca dan menulis sejak bulan juni lalu ketika menghadiri acara keluarga.  Agar bisa membaca dan menulis, nenek Zhao yang bekerja sebagai penjual buah di pasar ini melakukan pendidikan intensif di rumahnya. Setidaknya, setiap hari ia menyisihkan waktunya selama 2 jam untuk belajar membaca dan menulis.

Hingga saat ini, nenek Zhao telah mampu menghafal 100 karakter huruf  (China). Karena semangatnya yang kuat untuk belajar, nenek inipun dikatakan sebagai nenek yang penuh inspirasi. Ia pun terbebas dari masalah buta huruf di usia lanjut. Bagi nenek Zhao, usia bukan halangan bagi dirinya untuk bisa membaca dan menulis. Untuk belajar, nenek Zhao terkadang tidak peduli mengenai keterbatasan usianya.

Jika nenek Zhao yang sudah berusia satu abad saja memiliki semangat tinggi agar ia bisa lebih modern dan bisa baca tulis. Sebagai seseorang yang masih muda, kita juga harus memiliki semangat tinggi untuk dapatkan pendidikan yang lebih baik dan hidup yang lebih bermakna. Setuju?

Leave A Reply

Your email address will not be published.