Berita Nasional Terpercaya

Tanpa Pendidikan Teknologi dan Informatika, Aku Berhasil Membangun Kerajaan Retailer Online nomor Dua di Dunia

0

CHINA, HarianBernas.com – Aku tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana di sebuah kota kecil  pada tahun1980-an. Semasa hidupku, aku harus berhadapan dengan berbagai masalah. Aku kerap kali ditolak di setiap sekolah, tempatku  ingin mengenyam pendidikan. Bahkan sejak sekolah dasar, aku sudah menerima penolakan karena ujian matematikaku  yang selalu mendapatkan hasil buruk. Namun aku bertahan dan mencoba berusaha melaluinya.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Sejak usia 12 hingga 20 tahun, aku mengendarai sepedaku selama 40 menit ke hotel di mana aku dapat belajar bahasa Inggris. Aku mendapat pelajaran yang amat menyenangkan pada waktu itu.  Apa itu?

8 tahun bergaul bersama banyak turis asing benar-benar mengubah cara pandangku  mengenai hidup ini. Aku merasa diriku berpikir lebih global dibandingkan kebanyakan penduduk lain. Apa yang diceritakan para turis sangat berbeda dengan semua yang kupelajari dari para guru dan buku pada saat di  sekolah. Kamu tahu?

Aku pertama kali memakai  internet pada th 1995 saat aku sedang mencari kata `beer` dan juga`China`. Namu ketika itu, aku tak mendapatkan hasil pencarian yang diingiinkan dari internet. Sebab rasa keingintahuanku, aku lalu menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China dengan seorang temanku.  Hasilnya mencengangkan, hanya dalam beberapa jam saja, aku menerima banyak surat elektronik (email) yang cukup membantuku membangun situs yang kuberi nama Alibaba. 

Baca juga: Inilah 7 Daftar Aplikasi Investasi Resmi Versi OJK

Hal itulah  yang lalu menjadi faktor besar  untuk berdirinya Alibaba Group 4 th kemudian. Berkat kerja keras, kini, alibaba merupakan retailer online terbesar di China dan berada di posisi ke-2  dunia setelah Wal-Mart. Aku tak menyangka sama sekali, ternyata  hasil kerja kerasku berbuah manis.

Tidak ada bekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi & komputerisasi, Rupanya aku  dapat menjadi pendiri retailer online terbesar di China, Alibaba Group. Sebab bisnisku  itulah, Aku yang dulunya seorang guru bahasa Inggris, kini aku sukses menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

IPO yang digelar Alibaba di bursa saham New York akhir pekan lalu mencetak angka fantastis dan mencetak rekor dunia. Berkat nilai saham yang melonjak hingga 38 persen, harta kekayaanku kini bertambah hingga menjadi US$ 26,5 miliar . Mungkin kamu belum mengetahui siapa aku, namaku adalah Jack Ma atau Ma Yun, lahir di kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964 silam.

Apakah kamu ingin sepertiku?

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.