Berita Nasional Terpercaya

Mengubah Kutuk Menjadi Berkat: Lelaki Dengan Kelainan Langka Ini Menjadi Motivator Yang Mendunia

0

SERBIA, HarianBernas.com— Hidup tanpa tangan dan kaki? Apa yang bisa dilakukan oleh orang ini? Duduk di keramaian pasar sambil meletakkan kaleng di depannya?

Kamu mau tahu, bahwa ada seorang pemuda yang terlahir cacat tanpa lengan, tanpa kaki tapi justru sekarang ia bisa menjadi motivator yang mendunia? Silakan simak kisahnya.

Siapa sih yang mau dilahirkan tanpa anggota fisik yang lengkap? Ini semacam kutukan? Atau mungkin Tuhan sengaja melakukan ini? Mengalami depresi akibat terlahir sebagai orang cacat dengan banyak kekurangan membuat pemuda ini ingin bunuh diri di usianya yang baru beranjak 8 tahun.

Apakah pemuda ini berhasil melakukan tindakan gilanya?

Pemuda ini sadar bahwa hidup ini harus disyukuri apapun keadaannya. Pemuda ini bernama lengkap Nicholas James Vujicic, lahir pada 4 Desember 1982, merupakan anak pertama dari sebuah keluarga Serbia. Ia biasa dipanggil Nick Vujicic.

Kondisi cacat apa yang dialami Nick Vujicic sampai ia ingin bunuh diri?

Ia menderita gangguan Tetra-amelia langka: tanpa kaki, tanpa kedua lengan, dan dengan dua kaki kecil, salah satu yang memiliki dua jari kaki. Pada masa kecilnya Nick Vujicic sering diintimidasi teman-teman sekolah. Akibatnya, pada umur 8 tahun, ia mulai memikirkan aksi bunuh diri dan bahkan pada usia sepuluh tahun ia mencoba untuk menenggelamkan dirinya di bak mandi.

Lalu apa yang terjadi selanjutnya?

Nick Vujicic membatalkan niat bunuh dirinya karena alasan cintanya terhadap orang tuanya. Ia menyatakan dalam video musiknya ?Something More? bahwa Tuhan memiliki rencana untuk hidupnya dan ia tak dapat memaksakan dirinya untuk tenggelam karena ini.

Nick Vujicic berdoa sangat keras bahwa Allah akan memberinya tangan dan kaki, dan pada awalnya dia mengatakan kepada Allah bahwa, jika doanya tetap belum terjawab, Nick tak akan memuji dia tanpa batas waktu. Namun, titik balik penting dalam imannya datang ketika ibunya menunjukkan kepadanya sebuah artikel surat kabar tentang seorang pria dengan cacat berat. Dia menyadari bahwa ia bukan satu-satunya orang yang memperjuangkan dirinya.

Nick Vujicic akhirnya mulai menyadari bahwa prestasi adalah inspirasi bagi banyak orang, dan ia pun mulai bersyukur kepada Tuhan karena hidupnya.

Nick Vujicic secara bertahap menemukan cara hidup tanpa anggota badan.  Dia menulis dengan dua jari pada kaki kirinya dan pegangan khusus yang meluncur ke ibu jari kakinya. Dia mengetahui menggunakan komputer dan mampu mengetik hingga 45 kata per menit dengan menggunakan ?tumit dan kaki?. Dia juga belajar untuk melemparkan bola tenis, bermain pedal drum, mendapatkan segelas air, menyiisir rambutnya, memegang sikat gigi, mengangkat telepon, bermain golf, berenang, dan juga langit-diving.

Selama sekolah menengah, ia terpilih menjadi kapten MacGregor Negara di Queensland dan bekerjasama dengan dewan mahasiswa untuk  menggalang dana bagi orang cacat. Ketika ia berusia 17 tahun ia mulai memberikan ceramah di kelompok doa nya,  dan kemudian mendirikan organisasi non-profit nya, ?Life Without Limbs.?

Nick Vujicic lulus dari universitas pada usia 21 tahun, dengan dua jurusan yaitu Akuntansi dan Keuangan Perencanaan.

Setelah lulus dari pendidikannya,apa yang sekarang Nick lakukan?  

Nick memulai perjalanannya sebagai seorang pembicara motivasi . Ia secara rutin melakukan perjalanan internasional guna berkhutbah dengan jemaat-jemaat Kristen, sekolah, dan rapat perusahaan. Dia telah berbicara kepada lebih dari 3 juta orang selama ini, di lebih dari 24 negara di 5 benua antara lain Afrika, Asia, Australia, Amerika Selatan, dan juga Amerika Utara. Semua orang akan tepuk tangan setiap ia mulai berbicara didepan orang banya. Alunan pembicaraanya seperti sebuah untaian lagu yang indah. Siapa sangka seseorang yang dulunya depresi berat dan ingin bunuh diri, ternyata sekarang  ia sukses menjadi  motivator dunia. Salah satu hasil karya terbaiknya adalah ia Nick Vujicic berhasil menerbitkan buku ?Life Withhout Limbs: Inspiration for a Ridiculously Good Life? (Random House, 2010) diterbitkan pada tahun 2010.

Karena kemampuannya mengubah kutuk menjadi berkat, kini namanya telah dikenal orang banyak, sehingga banyak yang ingin mengikuti jejaknya.

Apa kutukanmu? Tentunya kamu pun punya kemampuan mengubahnya menjadi berkat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.