Berita Nasional Terpercaya

Cara Unik Seorang Guru Dalam Menghukum Muridnya Menjadi Awal Penemuan Alat Ini

0

Amerika Serikat, HarianBernas.com— Ketika kamu dihukum oleh gurumu karena ketahuan mencuri, bagaimana rasanya? Malu? Kesal? Atau yang lain? Tapi, bagaimana jika guru tersebut memberikam hukuman yang justru membangunmu? Bukan seperti menulis di 10 lembar kertas, membersihkan toilet, atau hal lainnya. Tetapi ia memberi hukuman menciptakan barang. Penasaran siapa guru ini? Simak kisahnya.

Sebagai seorang guru, ia bertugas untuk membuat anak didiknya berkembang. Reynold B. Johnson, demikian dia dikenal. Pria asal Amerika Serikat ini memanfaatkan “hukuman” sebagai salah satu sarana untuk membuat muridnya berkembang. 

Kok bisa? 

Saat itu, ada 2 orang muridnya yang tertangkap basah mencuri radio. Dan kebetulan, kedua murid tersebut diserahkan pada Pak Reynold. Bukannya memberikan hukuman, ia malah membimbing muridnya untuk membuat sebuah alat yang berguna. Dan benar saja, di akhir masa hukuman, kedua murid ini sudah berhasil menciptakam alat untuk memeriksa lembar ujiam dengan sistem multiple choices atau pilihan ganda. Sayangnya, usahanya ini tidak dihargai oleh pihak sekolah. Mereka memecat Pak Reynold.

Pak Reynold tidak putus asa, d iwaktunya yang senggang ia manfaatkan untuk mengembangkan mesin yang telah diciptakannya bersama 2 orang muridnya itu. Selama 1 tahun Reynold menjadi pengangguran, hingga akhirnya ia diangkat menjadi engineer di IBM. Tugasnya hanya mengembangkan alat yang telah diciptakannya itu. Dengan keuletan dan kerja kerasnya, ia berhasil mengembangkan mesin ini dan dinamai IBM 805. Mesin ini diproduksi amat banyak pada zaman itu.

Kisahnya tidak berhenti sampai di situ saja. Waktu itu petinggi IBM meminta Reynold untuk membuat sistem penyimpanan data yang dapat memuat banyak data, efektif, dan efisien. Reynold dan tim mulai mempelajari tentang sistem penyimpanan. Zaman itu, penyimpanan masih menggunakan kartu plong atau pita magnetik yang pemakaiannya sangat ribet. Dengan twori yang sudah dipelajari, penyimpanan cakram keras lebih efektif daripada menggunakan pita magnetik. Idenya ini, dipraktekkan oleh satu tim, dan penyimpanan tersebut akhirnya laku keras.

Reynold tahu, bahwa karyanya ini pasti akan sukses besar. Siapa sih yang tidak butuh media untuk menyimpan? Reynold memutuskan untuk mengembangkan karyanya ini, yang sekarang kita kenal dengan HARDISK.

Kerja keras, ketekunan dan keuletan, adalah ciri khas dari Reynold. Bahkan saat mendekati ajalnya, Reynold masih mengerjakan proyek yang belum terselesaikan.

Maukah anda menjadi seperti Reynold?

Leave A Reply

Your email address will not be published.