Berita Nasional Terpercaya

Pria Ini Bukan Siapa-Siapa Hingga Apa Yang Dilakukannya Begitu Luar Biasa

0

JAKARTA, HarianBernas.com— Bila mau berusaha dan bekerja keras, apa yang mulanya tak mungkin, dapat menjadi hal yang mungkin. Setuju?

Siswadi (46 th) asal purwodadi adalah seorang pengamen jalanan yang rutin bergelut dengan polusi bersama teriknya matahari, bisa menjadi seorang milyarder. Bukan tanpa alasan, Siswadi berpirinsip bahwa setiap hal di dunia ini bisa menjadi mungkin asalkan bersusaha dan gigih meraihnya.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Siswadi sempat mengalami hari-hari yang kelam. Bahkan ia pernah menjadi seorang pengamen di terminal Pulogadung, Jakarta demi bisa menyambung hidup. Kisah suksesnya berawal ketika ia menjadi tenaga pemasar di sebuah bimbingan belajar (bimbel). Dalam diri Siswadi timbul keinginan untuk membuat usaha bimbel. Bersama kelima sahabatnya, ia membuat usaha bimbel yang kemudian dinamai Bintang Solusi Mandiri (BSM).

“Bimbingan belajar BSM ini kelak akan mengarah ke kalangan menengah ke bawah dengan tarif yang relatif murah.” Ujar Siswadi.

Mulanya, usahanya tak berjalan dengan mulus. Ia kesulitan mencari kontrakan yang akan ia jadikan tempat untuk usaha—menginggat modalnya tidaklah terlalu besar. Tetapi ia tak putus asa begitu saja. Ia pun lalu mengontrak rumah milik kawannya yang terletak di dalam gang di daerah Matraman, Jakarta.

Dimulai dari 98 murid kelas SD, ia mengembangkan usahanya ke segmen SMP. Meski dengan modal pengalaman yang minim, namun Siswadi tetap percaya diri dan tidak patah semangat. Siswadi dan temannya terkadang harus begadang mencari soal-soal dan membuatnya mudah untuk diselesaikan.

Konsep strategi dalam berwirausaha untuk mengembangkan bimbingan belajar ini, selalu Siswadi terapkan. Hal itulah yang lalu membuat BSM berkembang cukup pesat. Dengan strategi yang tepat, jumlah siswanya meningkat 100% tiap tahunnya. Ketika tahun 2009, Siswadi berhasil memperoleh penghagargaan bimbel terbaik versi bisnis.

Tidak sampai disitu, Siswadi mengembangkan bisnisnya, ia juga mewaralabakan bisnis dan berkembang menjadi 45 cabang dengan total sekitar 7 ribu dan 470 karyawan, dengan omset lebih dari 400 juta. Setelah sukses dengan usaha bimbelnya, Siswadi merambah ke bidang kuliner. Selanjutnya, Siswadi membuat resto dengan modal Rp 50.000.000.

Meskipun kini Siswadi telah sukses, namun ia tak sombong dan tetap menjadi pribadi yang rendah hati. Luar biasa bukan perjuangannya?

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.