Berita Nasional Terpercaya

Rel KA Bandara Selesai, Waktu Tempuh Cuma 40 Menit

0

TANGERANG,HarianBernas.com– Proyek Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta yang sudah mulai dikerjakan, diharapkan selesai pada tahun 2017. Jalu kereta api tersebut diharapkan bisa mulai beroperasi paling lambat pada semester I tahun 2017.

Ketika meninjau proyek tersebut, Senin (14/12), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengerjaan proyek tersebut dipercepat. Pengerjaan proyek kereta bandara sudah dimulai sejak awal tahun 2015 ini, termasuk pembebasan lahan sudah dilakukan dan pada Februari 2016 diharapkan pembebasan lahan sudah selesai dilakukan, Dengan demikian, diharapkan pada semester I 2017 sudah bisa dipakai atau beroperasi.

Menurut Presiden, jaringan KA itu akan menghubungkan Jakarta yaitu di Stasiun Manggarai hingga Bandara Soekarno-Hatta. Dengan beroperasinya jalur KA tersebut maka diharapkan waktu tempuh sekitar 40 menit. “Tadi saya lewat tol yang tiap hari macet. Ini merupakan solusi transportasi dari Jakarta ke bandara,” kata Presiden Joko Widodo.

Dikatakan, pada semeter I 2017 proyek tersebut harus selesai karena jaraknya tinggal 12 km dari Batu Ceper. Setelah Manggarai-Bandara Soekarno-Hatta selesai, menurut Presiden, akan dilanjutkan dengan pengerjaan rute dari Stasiun Kota Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta. “Daerah yang sudah padat seperti dari Kota harus tersambung dengan transportasi massal,” kata Presiden.

Dikatakan, pada tahun 2016 akan dimulai pengerjaan proyek KA Bandara lintas Kota ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Pluit. “Insya Allah tahun depan. Ini juga akan terhubung dengan LRT, sudah ada interkoneksi,” kata Presiden.

Selain kereta bandara di Kualanamu dan Jakarta, menurut Presiden, sarana serupa juga akan dibangun di kota lain seperti Palembang dan Padang di Sumatera.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.