Inspirasi Bisa Datang Dari Mana Saja, Astronom Ini Telah Membuktikan

HarianBernas.com– Menonton film merupakan hal yang biasa dilakukan oleh anak-anak. Baik kartun maupun animasi. Tapi siapa sangka dengan menonton film dapat membawanya pada kesuksesan?

Astronom asal Indonesia, Johny Setiawan ini mengawali kariernya dari menonton film. Ia dilahirkan pada 16 Agustus 1974. Sejak kecil ia sudah tertarik pada astronomi. Hal ini berawal ketika Johny menonton film Star Trek. Ditambah ia membaca buku tentang alam semesta dan cuaca.

Sejak SD, Johny mulai mengetahui tentang astronomi. Pendidikan dasarnya diselesaikannya di Jakarta, sedangkan masa kuliahnya ia habiskan di Jerman. Johny mendapat beasiswa hingga mendapat gelar doktor. Walaupun ia tertarik dengan astronomi, ia juga memiliki hobi. Hobinya tak lain adalah memasak, fitness, dan melukis. Astronom Indonesia ini pernah menjadi koki di Warsteiner Keller, yang merupakan sebuah restoran di Jerman.

Johny merupakan seorang peneliti yang multitalent. Ia sadar, bahwa ia juga harus menjaga kebugarannya. Menurutnya, seorang ilmuwan juga perlu menjaga stamina dan penampilan agar mendukung kariernya. Apalagi, bagi mereka para peneliti yang bekerja di berbagai tempat.

Sejak tahun 2003, Johny sudah menemukan 16 planet diluar tata surya. Planet terbaru yang ditemukannya adalah HIP 13044b. Penemuan planet ini membuka cara pandang baru tentang proses pembentukan bintang. Planet-planet temuannya ini merupakan bagian dari proyek Search for Exoplanet with Radial-velocity at MPIA (SERAM).

Waaahh, dengan menonton, bisa menjadi orang sukses ya?