Berita Nasional Terpercaya

Berguru pada Anne Avantie

0

Tim Batik MI Berguru pada Anne Avantie

JOGJA — Kelompok anak muda yang terpanggil untuk melestarikan budaya batik Indonesia, dengan berkarya batik-batik bertema khusus (untuk fesyen dan non fesyen) membentuk Tim Batik Mahakarya Indonesia (MI) yang berkantor pusat di Jogja. Keempat pemimpin tim ini adalah Livy Laurens MACE  MA, Pulung Wahyu Pinto  SH, Mateus Santoso Widodo  SE, dan Dr  Haryadi Baskoro  MA

Tokoh senior dunia mode, perancang busana yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional Anne Avantie kemarin saat berkunjung ke Jogja  menjadi nara sumber dalam sebuah acara talkshow menyempatkan diri bertemu khusus dengan Tim Batik Mahakarya Indonesia (MI).  ?Pertemuan ini seperti  pertemuan antara senior dan junior dalam dunia mode, seorang ibu dan anak-anaknya sendiri,? papar Humas Tim Batik MI, Pulung Wahyu Pinto dalam rilis ke Harian Bernas, Senin (14/12).

Dalam pertemuan itu, Anne berdiskusi intensif dengan Tim Batik Mahakarya Indonesia (MI) mengenai masa depan batik Indonesia. ?Anne memberi masukan supaya tim berhati-hati dalam berkarya batik tematik. Hal itu karena motif dan ornamen tematik bisa menjadi sensitif ketika bersinggungan dengan simbol-simbol tertentu, misalnya simbol-simbol keagamaan. Batik tematik memang bisa jadi inspirasi, tetapi dalam menciptakannya kita harus memikirkan kepentingan banyak pihak agar tidak menjadi batu sandungan,? papar Pulung.

Livy Laurens MACE  MA menambahkan, Tim Batik Mahakarya Indonesia (MI) merasa bersyukur mendapat masukan-masukan penting dari Bunda Anne Avantie. Dalam waktu dekat, Tim Batik Mahakarya Indonesia (MI) segera berkarya batik-batik tematik lebih intensif lagi, seperti ?Batik Musik?, ?Batik Natal?, ?Batik Imlek?, ?Batik Lebaran?, ?Batik Dayak?, ?Batik Valentine?, dan sebagainya. ?Batik-batik tematik bukan hanya indah, tetapi motif dan ornamennya senantiasa mengusung pesan-pesan etika, moral, budaya, dan spiritualitas yang luhur,? papar Livy. (vin)

ISTIMEWA

PELESTARI BATIK — Tim Batik Mahakarya Indonesia (MI) dari kiri Mateus Santoso Widodo  SE, Pulung Wahyu Pinto  SH, Tokoh senior dunia mode, perancang busana yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional Anne Avantie, Livy Laurens MACE MA, dan Dr  Haryadi Baskoro  MA. Tim Batik MI berkomitmen dalam pelestarian batik mendapat masukan dari Anne Avantie

Leave A Reply

Your email address will not be published.