Berita Nasional Terpercaya

Balita Penakluk Gunung

0

PAMEKASAN, HarianBernas.com— Kebanyakan anak-anak berumur 5 tahun tengah asyik main dengan teman sebayanya. Tapi lain halnya dengan bocah yang satu ini. Aktivitas di usianya yang tergolong masih balita ini di luar rutinitas bocah yang lain. Mengapa demikian? Yap, mendaki gunung menjadi aktivitas rutin yang dilakukan Arya Cahya Mulyana Sugianto.

Bocah asal Pamekasan, Madura, ini telah sukses menaklukan sepuluh puncak gunung dikala usianya masih 5 tahun. Ayahnya, Agus Sugianto yang mengajarinya untuk lebih dekat dengan alam. Agus yang juga sehari-harinya sebagai instruktur pencinta alam ini mengatakan bahwa anaknya sudah mendaki gunung sejak bayi. Disaat itu Agus telah terbiasa mengasuh anaknya sambil mendaki gunung diwaktu anaknya sedang berumur 8 bulan.

?Waktu umurnya menginjak 5 tahun, ia mau ikut aku naik gunung tetapi aku tolak. Eh, malamnya ia panas tinggi sambil tetap mengigau naik gunung-naik gunung,? ucap Agus .Dikala ulang tahun anaknya yang kelima, Agus langsung mengajak Arya mendaki Gunung Ceremai. Rupanya pendakian ke gunung yang terletak di selatan Cirebon itu membuat  Arya makin bersemangat untuk menaklukan gunung-gunung di Indonesia yang lain. Karena semangat anaknya ini, Agus membuat ekspedisi Cahaya Merdeka dengan mendaki 9 gunung  dalam tempo waktu 6 bulan.

Dalam ekspedisi itu, Agus memboyong Arya menapaki puncak Gunung Slamet (3.432 mdpl) di Purbalingga, jateng, lalu ke Gunung Sindoro (3.155 mdpl) di Temanganggung, & Gunung Wonotirto (2.000 mdpl).  Setelah Itu ke Gunung Lawu (3.265 mdpl), Gunung Rinjani (3.726 mdpl), Gunung Akbar (3.124 mdpl), Gunung Welirang (3,156 mdpl) Gunung Arjuno (3.339 mdpl) dan terakhir ialah Gunung Semeru (3.676 mdpl) yang merupakan puncak teratas di Jawa. Angan-angan Arya dan ayahnya adalah agar suatu saat  bisa mampu menaklukkan gunung Jayawijaya di Papua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.