Berita Nasional Terpercaya

Anak SD Pengembang Aplikasi Baca Online Untuk Anak-Anak

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Siapa bilang umur membatasi seseorang untuk berprestasi? Tengoklah  para juara Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) 2015 ini. Meski dari sisi usia mereka tergolong bocah, namun rupanya mereka mampu menelurkan ide menarik & membuat aplikasi yang berguna.

Adalah M. Hikam Assyifa Alfath, ia sukses mengondol predikat juara pertama di kategori anak-anak. Melalui aplikasi Belajar Membaca Metode Dia Tampan yang dibuatnya setahun lalu, ia berhasil memenangi kejuaraan.

Saat ditemui usai Pengumuman pemenang IWIC 2015 di Epicentrum Walk, Jakarta, Kamis lalu(17/12), bocah yang akrab disapa Hikam ini menceritakan ketertarikannya meng-coding aplikasi mobile. berawal dari rasa bosan terus menerus bermain games di gadgetnya, lahirlah keinginan untuk membuat aplikasi sendiri. Ia pun berguru kepada sang ayah yang ternyata seorang ahli dalam coding program. 

“Waktu itu saya ingin ikut ekstrakulikuler di sekolah. Tapi karena berbasis flash, saya tidak jadi ikut. Soalnya aplikasi saya berbasis HTML,” ujar Hikam.

Bocah sebelas tahun ini pun akhirnya berhasil membuat aplikasi Belajar Membaca Metode Dia Tampan saat duduk di kelas 5. Pembuatan aplikasi ini sendiri bukan tanpa alasan, ia melihat banyaknya anak-anak yang sulit membaca.

“Banyak(anak-anak) yang susah membaca, tapi sering bermain games di hp & tablet. Jadi saya buat aja aplikasi baca di Android,” katanya.

Pemilihan metode baca Dia Tampan sendiri, menurutnya tidak sukar untuk dipelajari oleh anak-anak. Mereka tidak harus menghapal seluruh abjad dan hanya dilakukan beberapa tahap yang mudah.

Saat ini aplikasi tersebut telah tersedia secara gratis di Google Play Store dan telah diunduh 3 ribu kali. “Dulu sempat banyak yang kasih masukan karena ada masalah. Terus saya cek, ternyata banyak yang salah ketik codingnya. Sekarang sudah bagus,” kata anak yang kini duduk di kelas 6 ini.

Tak ingin berhenti di situ, ia pun berkeinginan untuk menjadi  developer mobile app dan games yang sukses kelak kedepannya. “Saya ingin terus membuat aplikasi yang berguna bagi anak-anak,” tegasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.