Berita Nasional Terpercaya

Terbesar di Jogja, Perpustakaan Grhatama Pustaka Hadir dengan Koleksi Lengkap dan Bioskop 6 Dimensi

0

JOGJA, HarianBernas.com ? Megah dan nyaman. Kesan itu timbul saat mengunjungi gedung Grhatama Pustaka yang terletak di Jalan Raya Janti Banguntapan Bantul. Gedung layanan perpustakaan yang baru ini berdiri megah di atas tanah seluas 2,4 hektar dan terdiri dari tiga lantai.

Perpustakaan Daerah (Perpusda) baru ini akan menggantikan gedung lama yang terletak di Jalan Tentara Rakyat Mataram Kelurahan Badran Jetis Kota Jogja. Kabid Pelayanan dan Perpustakaan BPAD DIY Monika Nur Lestyani kepada HarianBernas.com menyebutkan berbagai fasilitas disiapkan di Grhatama Pustaka, namun yang terpenting adalah koleksi pustaka yang lengkap.

?Kami menyediakan 260.000 koleksi pustaka yang terbagi dalam 180.000 judul. Di sini ada koleksi umum, koleksi kuno dan juga digital book serta buku Braille,? katanya.

Kenyamanan tampak diutamakan pada Perpusda baru ini. Ruangan pustaka yang lega ditambah dengan sofa baca yang nyaman sangat memanjakan pembaca. Koneksi hotspot dan juga 13 gazebo serta taman berumput yang bisa dimanfaatkan untuk membaca atau aktivitas luar ruang.

?Kami juga menyiakan bioskop 6D yang memiliki 12 seat (tempat duduk) dan akan memutar film-film pendek berdurasi 5-15 menit. Rencananya akan ada empat film yang diputar setiap harinya. Ke depan, bioskop ini berbayar, karena kami ingin memberikan pemasukan bagi PAD,? jelasnya. 

Gedung Grhatama Pustaka juga memiliki fasilitas amphiteater yang luas untuk menggelar kegiatan outdoor yang leluasa digunakan siapa pun. Dengan total biaya Rp 72,5 miliar lebih, Monika berharap masyarakat akan terasa nyaman saat menggunakan fasilitas perpustakaan.

?Harapan kami dengan fasilitas yang luar biasa ini adalah masyarakat menjadi kangen untuk kembali lagi ke sini,? terangnya.

Monika menyebutkan, dalam rangka launching perpustakaan baru itu, BPAD DIY menggelar berbagai kegiatan. Mulai lomba mewarnai dan menggambar, lomba poster, menulis huruf Jawa, bercerita bahasa Jawa dan lomba macapat.

Pameran buku juga digelar mulai 14-22 Desember dengan melibatkan 12 penerbit. Kemudian saat acara launching, Sabtu (19/12) besok, akan digelar Karnaval Perpustakaan yang diikuti 20 kelompok atau komunitas. ?Sebagai rangkaian penutup kita menghadirkan dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon Banyu Suci Perwita Sari pada 21 Desember besok,? tutur dia.

Salah satu pengunjung, Muhammad Lutfi, saat diwawancarai, Rabu (16/12) kemarin, mengaku merasa nyaman dengan keberadaan perpustakaan baru yang megah dan representatif. Perpustakaan yang baru dianggap jauh lebih baik dibanding Perpusda DIY yang lama.

 ?Kalau sekarang saya rasa lebih nyaman daripada dulu terpisah-pisah ada di utara ada di selatan. Sekarang satu atap saya merasa lebih kondusif untuk belajar,? kata guru SMAN 1 Pajangan Bantul tersebut.

Lutfi pun mengapresiasi beragam fasilitas yang tersedia. Menurutnya, perpustakaan Grhatama Pustaka sangat layak untuk tumbuh kembang anak dalam belajar.      

Leave A Reply

Your email address will not be published.