Berita Nasional Terpercaya

Pemilik “Jakarta Limousine”, Pelanggannya Dari Jutawan Hingga Artis Top Mancanegara

0

JAKARTA, HarianBernas.com— Membuat keputusan untuk menjadi seorang pengusaha memang bukanlah hal yang mudah. Apa anda juga pernah mengalaminya?  

Untuk memutuskannya, memerlukan pemikiran yang panjang dan tentu saja harus dibarengi dengan strategi yang tepat. Banyak sekali kisah sukses seorang pengusaha atau pebisnis yang bermula dari kegagalan, kerja keras, sikap pantang menyerah dan lain sebagainya. Hampir keseluruhan kisah sukses seseorang dalam berbisnis ternyata tidak semudah yang terlihat.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Anda mau mendengar lagi kisah dari seorang loper koran yang kini menjadi bos penyewaan mobil mewah di Jakarta? Bagaimana ceritanya?

Dia adalah Aryanto Mangundiharjo pria yang lahir pada 14 Mei 1976 di Jakarta, yang mungkin anda belum pernah dengar namanya. Meski lahir dari keluarga pengusaha yang sukses, Aryanto malah banyak bergaul dengan anak-anak loper koran.

Mengapa?

Ayahnya sebenarnya sudah melarang putranya untuk bergaul, namun keinginan itu tak bisa ditahan. Bahkan, ketika mengalami perselisihan di  rumahnya, ia kabur dan hidup dijalanan sebagai loper koran.

Di usianya yang ke 18, ketika menjadi seorang loper koran, ia menemuka ide cemerlang. Merasa hasil dari penjualannya kurang maksimal, ia berusaha mengumpulkan uang untuk membeli sebuah pager yang saat itu menjadi salah satu cara berkomunikasi efektif. Ia lalu menuliskan nomor pagernya pada sebuah kertas dan menyelipkannya ditiap koran yang dijualnya. Berkat ide itu, ia berhasil memperbanyak pelanggannya dan membuka agen koran kecil-kecilan.

Di usia 21 tahun, Aryanto ingin membuka bisnis rental mobil. Sebelum terjun pada dunia bisnis yang digeluti ini, Aryanto melewati berbagai macam pengalaman hidup yang luar biasa. Aryanto pernah bekerja sebagai satpam, beberapa tahun kemudian ia pindah kerja menjadi seorang supir truk air mineral.

Lalu kemudian ia pindah lagi menjadi seorang sopir taksi Golden Bird di Bali. Sambil menjalankan pekerjaannya menjadi supir, ia sesekali juga menjadi seorang calo mobil sewaan yang nantinya menjadi modal besar baginya untuk mengembangkan bisnis rental mobil. Namun malang tak dapat dihindari, setelah Aryanto bekerja di Bali, tragedi Bom Bali saat itu membuatnya pulang kampung ke Jakarta. Saat itu ia memegang uang pesangon sebesar 3 juta rupiah. Dengan modal tersebut ia kemudian mendirikan sebuah penyewaan mobil. Namun naas, ia mengalami kebangkrutan usaha pada tahun 2004. Apa sebab? Penyebabnya adalah karena ia ditipu oleh seorang pelanggan yang menjadikan bisnisnya kala itu menjadi ambruk. Namun ia tak mau menyerah begitu saja, dengan semangat ia kembali bangkit dan terus berjuang.

Tahun 2006, merupakan tonggak keberhasilan bisnis rental mobil mewahnya. Suatu saat ia mendapatkan sebuah informasi berharga dari pelanggan. Ketika itu pelanggan dari negara asing tersebut mengeluhkan soal betapa sulitnya mendapatkan rental mobil mewah di Jakarta. Berbekal informasi berharga dan pengalaman, ia kemudian memutuskan untuk membuka persewaan mobil mewah di Jakarta dengan nama Jakarta Limousine.

Saat ini usahanya semakin berkembang pesat dan memiliki banyak cabang di berbagai kota besar, seperti di Solo, Denpasar, Surabaya, Medan dan Pekanbaru. Tak hanya itu, pelanggannya pun juga bukan sembarang orang. Beberapa artis papan atas dunia seperti Beyonce dan Justin Bieber juga pernah menyewa mobil lewat jasa rentalnya. Kini dalam satu bulan Aryanto mampu meraup keuntungan bersih mencapai 400 juta rupiah.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Kisah Aryanto Mangundiharjo di atas menjadi bukti bahwa kerja keraslah yang menjadi kunci keberhasilan. Pengalaman Aryanto melanglang buana ternyata menjadi modal berharga untuk meraih posisi yang bisa dirasakannya saat ini.

sumber: Wartawirausaha.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.