Berita Nasional Terpercaya

Peternak Sapi Perah: Bisnis Tradisional, Omset Fenomenal

0

PASURUAN, HarianBernas.com— “Masih berfikir harus bisnis yang elit untuk mendapat omset besar?”

Kesuksesan dalam berbisnis bisa diraih dengan menjalankan bisnis apa aja. Tidak mesti menjalankan bisnis modern bisa menghasilkan kesuksesan lho. Bisnis tradisional seperti ternak sapi ini juga masih menjadi bisnis yang menggiurkan. Salah satu contoh nyata adalah bapak Sayfudin Zuhri.

Pria asal Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ini berhasil mengelola bisnisnya hingga berkembang menjadi bisnis besar. Bapak Sayfudin Zuhri menjalani bisnis ternak sapi perah sudah tiga belas tahun.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Ia belajar beternak sapi perah langsung dari orang tuanya, yang juga peternak sapi perah. Berbekal kesuksesan yang ia dapatkan dengan bisnis ternak sapi perah, Sayfudin Zuhri menjadi panutan bagi peternak lain di Pasuruan. Pria supel ini tak segan membagi ilmu pengalamannya pada peternak yang masih baru. Bagaimana kisah selengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

Perjalanan bisnis Sayfudin Zuhri dimulai ketika masih berusia 22 tahun. Orang tuanya juga seorang peternak sapi perah cukup membuatnya terinspirasi. Totalitasnya dalam belajar menjadi seorang peternak sapi perah benar-benar tinggi. Semua hal dipelajarinya dengan seksama, mulai dari pakan, kebersihan kandang, cara memerah susu yang baik, perawatan sapi dan lain-lain.

Keinginan dan motivasi Sayfudin untuk maju dan berkembang tidak pernah padam. Ia terus belajar dan belajar bagaimana caranya agar bisnis ternak sapi perah yang ia kembangkan bisa terus maju. Dari dua ekor kemudian berkembang menjadi tujuh ekor, kini sapi perah yang dimiliki oleh Sayfudin mencapai lima puluh ekor.

Dari ke lima puluh sapi yang ia pelihara tersebut, tidak semuanya ia pelihara sendiri. Ini dikarenakan lahan tempat ia memelihara yang hanya empat hektare dirasa terlalu sempit untuk semua sapi tersebut. Sehingga beberapa sapi perah ia titipkan pada orang lain di beberapa tempat dengan sistem bagi hasil.

Nah.. untuk penghasilan yang ia peroleh dari lima puluh ekor sapi tersebut juga cukup lumayan. Setiap sapi rata-rata mampu menghasilkan 10 liter susu segar setiap hari. Dengan harga terendah saja Rp. 3000, maka tiap hari mampu meraih penghasilan Rp. 360.000 atau hingga Rp. 10.800.000 per bulan!

Bisnis sekecil apapun kalau mau ulet dibidangnya pasti akan sukses 

Ngomong omong gimana langkahmu kedepan? Masih meremehkan peluang bisnis kecil disekitarmu?

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.