Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Oprah Winfrey, Ratu Talkshow Dunia

0

USA, HarianBernas.com— Setujukah kamu jika sebagian besar orang di dunia ini pernah mengalami masa sulit?
Mulai dari terlahir cacat, ditinggal orang tuanya, bahkan ada juga yang diperkosa sejak masih belia. Apakah orang seperti itu mampu memperjuangkan hidupnya untuk berhasil?

Pada tanggal 29 Januari 1954 di kosciusko, Mississipi, lahirlah seorang anak perempuan dari keluarga berkulit hitam. Karena orang tuanya berpisah, semasa kecil ia diasuh oleh neneknya yang memiliki watak yang keras, selama enam tahun.

Saat ia berumur enam tahun, ia diasuh oleh ibunya. Ia tinggal serumah bersama dua saudara tirinya. Karena sibuk bekerja, ibunya tidak sempat memperhatikan anak-anaknya. Segala usaha ia lakukan agar mendapatkan perhatian dari ibunya, namun ibunya tetap saja tidak peduli dengan keadaannya. Ia sering melarikan diri dari rumah karena ingin diperhatikan oleh ibunya. Tapi hal ini juga menuai kegagalan. Ketika ia berusia 14 tahun, ia mendapat pelecehan seksual dari saudara sepupunya yang berumur 19 tahun. Ia pun hamil dan melahirkan. Namun bayinya meninggal dunia sesaat setelah dilahirkan. 

Walaupun sudah mengalami hal demikian, ia tetap melanjutan hidupnya. Disamping itu, kenakalannya juga semakin menjadi, puncaknya adalah ketika ia meninggalkan rumah dan tidak pulang sama sekali selama seminggu. Ibunya yang sudah tidak bisa mengurusinya akhirnya mengantarkannya ke rumah ayahnya di Nashvile. 

Saat berada di asuhan ayahnya inilah ia mendapatkan pelajaran hidup yang begitu berharga. Ayahnya adalah tipe ayah yang sangat disiplin dan sangat tegas. Ayahnya menciptakan peraturan yang ketat untuk semua anak-anaknya. Ayahnya tidak mentolelir nilai selain A, mengingat nilainya di sekolah sangat jelek, ia sering mendapat teguran keras dari ayahnya. Ia yang takut pada sang ayah akhirnya harus belajar ekstra keras untuk memperbaiki nilainya agar tidak dimarahi ayahnya. Sesuatu hal yang jarang dilakukan olehnya adalah belajar dan membaca namun karena takut pada ayahnya, ia harus melakukannya.

Hal inilah yang akhirnya membuatnya menjadi anak yang awalnya hanya seorang murid yang kurang diperhitungkan akhirnya menjadi anak yang populer. Setiap akhir pekan ayahnya selalu memberi bacaan berupa buku-buku orang sukses seperti Einstein, Abraham Lincoln dan para tokoh sukses dunia lainnya. Setelah selesai membaca biasanya ia disuruh untuk menuliskan ceritanya kembali dan dibacakan pada ayahnya. Walaupun awalnya ia sangat tidak menyukai cara ayahnya mendidiknya namun lama-lama ia menjadi sadar bahwa didikan seperti inilah yang ia perlukan.

Ia sangat berterima kasih kepada ayahnya akan apa yang telah diberikan ayahnya selama ini. Ayahnya telah membuat peraturan dan menerapkannya dengan tegas tapi juga tetap memberikan cinta dan perhatian yang diinginkannya. Pada umur 16 tahun, ia ditunjuk untuk menjadi pembicara di suatu gereja. Kemudian diusianya yang ke 17 ia mendapat pekerjaan pertamanya sebagai penyiar radio yang membawakan acara berita dengan honor 100 dolar seminggu. Penghasilan yang cukup besar bukan?

Kariernya terus melejit, hingga pada umur 19 tahun bakatnya ditemukan oleh sebuah stasiun televisi di Nashville, yang pada akhirnya ia bekerja sebagai wartawan dan penyiar berita di sana. Pada tahun 1984 ia didaulat untuk membawakan acara A.M Chicago, dalam sekejab acara tersebut mendapat tempat di hati masyarakat. Ia kemudian menjadi bintang di 120 kota besar di USA. Mengingat suksesnya acara tersebut, oleh pihak televisi, ia kemudian dibuatkan acara yang mengunakan namanya sebagai nama programnya yaitu Oprah Winfrey Show. Acara ini melejit bak anak panah, acara ini kemudian menjadi pertunjukan talk show nomor satu di Amerika. Acara Oprah Winfrey Show ditonton lebih dari 48 juta orang tiap minggunya.

Dialah Oprah Winfrey. Ia merupakan salah seorang selebritis papan atas Amerika Serikat yang termasuk dalam wanita terkaya dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan 1,3 miliar dolar. Walaupun masa lalunya sangat kelam, tetapi ia dapat membuktikan kepada dunia bahwa ia dapat sekses seperti sekarang ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.