Berita Nasional Terpercaya

Akibat Pembakaran Hutan dan Perusakan Lahan, 25 Spesies Primata di Seluruh Dunia terancam Punah

0

SINGAPURA, HarianBernas.com – Spesies primata, seperti beruk, kera dan kukang, terancam punah, sehingga kesigapan tindakan konservasi sangat dibutuhkan. Demikian dilaporkan oleh  Singapore Zoo, Selasa (24/11).

Dalam laporan bertajuk Primates in Peril: The World's 25 Most Endangered Primates, 2014-2016 ini, para penyusun yang beranggotakan  63 ahli itu menyoroti kondisi spesies seperti siamang Hainan yang buruk. Menurut mereka, diperkiraan tinggal 25 ekor yang ada di alam liar. Bahkan lebih dari separuh spesies primata ini masuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Perhimpunan Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN). Dari semua spesias Primata tersebut, di antaranya: lima spesies primata masing-masing dari Afika, Madagaskar, Amerika Tengah dan Amerika Selatan serta 10 dari Asia, semuanya paling membutuhkan tindakan konservasi segera.

Perusakan habitat, seperti pembakaran hutan untuk pembukaan lahan, perdagangan satwa liar ilegal, dan perburuan menjadi ancaman utama perkembangbiakan primata-primata tersebut.

“Yang mengkhawatirkan 10 dari 25 primata paling terancam punah ditemukan di Asia. Wildlife Reserves Singapore akan meningkatkan upaya konservasi dari beberapa spesies ini,” kata Dr Cheng Wen-Haur, Kepala Ilmu Hayati Wildlife Reserves Singapore, induk perusahaan Singapore Zoo, rumah bagi 450 lebih pritama dari 49 spesies.

“Dan utamanya untuk menemukan sumber daya guna menerapkan kebijakan konservasi yang benar-benar diperlukan. Khususnya, kami ingin mendorong pemerintah berkomitmen pada kebijakan-kebijakan konservasi keragaman hayati yang benar-benar dibutuhkan,” kata Dr Russell Mittermeier, Pemimpin Kelompok Primata Species Survival Comission IUCN dan Wakil Pemimpin Eksekutif Conservation International seperti dilansir kantor berita Xinhua .

Sumber: Antara

Leave A Reply

Your email address will not be published.