Berita Nasional Terpercaya

Kerjasama Indonesia-Mesir Dalam Pengelolaan Eceng Gondok

0

MESIR, HarianBernas.com – Eceng gondok merupakan gulma bagi masyarakat Mesir. bagaimana tidak, Pinggiran Sungai Nil dan sungai-sungai lain yang menjadi saluran irigasi di Mesir, telah dirayapi dan dipenuhi oleh tanaman air ini.

Melihat fenomena eceng gondok ini, pemerintah Mesir melalui  Kementerian Kerja Sama Internasional dan Lembaga Pengembangan Usaha Kecil-Menengah Mesir mengajukan kerjasama kepada Indonesia untuk berbagi cara pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan kerajinan guna meningkatkan nilai lebih tumbuhan air tersebut.

Menurut Nurfaizi Suwandi, Duta Besar RI, melalui pelatihan yang telah dilaksanakan pada 9-12 Desember lalu di Kota Bani Suweif, pemerintah Mesir berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan eceng gondok di Sungai Nil yang jumlahnya sangat banyak agar memiliki nilai jual. Pelatihan yang telah dilaksanakan kedua kalinya ini, diikuti oleh 25 orang dari kalangan pengrajin dan perwakilan dari beberapa lembaga pemerintahan terkait di Mesir, seperti Kementerian Sumberdaya Air dan Irigasi serta Kementerian Perdagangan.

Dalam kegiatan pelatihan ini, KBRI mendatangkan dua pengrajin Indonesia yang produk olahan eceng gondoknya berhasil menembus pasar ekspor, untuk berbagi ilmu dengan warga Mesir.

Cornelia Lina Meliassari, salah satu pelatih, mengaku bahwa produk-produknya sudah menembus pasar Jepang, Eropa dan Amerika. Ia bahkan kewalahan menerima berbagai pesanan dari dalam dan luar negeri. Bahkan, sebuah hotel di Bali mempercayainya untuk menyediakan berbagai perlengkapan dari bahan eceng gondok, seperti tas jinjing, bantal, sandal, kasur, kursi, karpet dan sajadah.

Melalui pelatihan ini, telah dibangun wacana baru bagi warga Mesir untuk membuka industri kerajinan eceng gondok di wilayah di Mesir, khususnya di Provinsi Bani Suweif.

Sumber : Antara

Leave A Reply

Your email address will not be published.