Berita Nasional Terpercaya

Industri Kreatif Glass Painting Dirintis Oleh Mompreneur Ini Secara Tidak Sengaja

0

BANDUNG, HarianBernas.com— Kesuksesan dalam berbisnis memang bisa diraih dengan bisnis apa saja, bahkan, bukan tidak mungkin ide bisnis lahir dari ketidak sengajaan.

Hal inilah yang dibuktikan oleh seorang entrepreneur wanita asal kota Bandung bernama Ratna Miranti. Bermula dari ketidak sengajaan, ia yang sebelumnya menekuni industri batik justru terperosok pada dunia bisnis baru yang bahkan sebelumnya belum pernah ia coba, yaitu bisnis glass painting.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, awal mula perkenalan wanita yang akrab disapa Mira ini dengan dunia glass painting bisa dikatakan sangat kebetulan. Di mulai dari basic Mira yang seorang pengrajin batik, ia sebelumnya memang sudah memiliki usaha sendiri meski skalanya masih tergolong kecil. Hingga selepas ia mulai berkeluarga dan mempunyai momongan, Mira memutuskan untuk vakum sementara dari dunia bisnis kreatif tersebut.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Waktu berjalan dan Mira akhirnya merasa bisa kembali berkarir disamping sebagai seorang ibu rumah tangga. Jadilah sang  momprenuer tersebut mencari dan membeli bahan-bahan untuk bahan kerajinan batik. Namun setelah semua bahan terbeli, ternyata ia salah membeli cat untuk keperluan batik. Ia malah membeli cat khusus untuk melukis gelas yang sebenarnya ia sendiri belum pernah menggunakannya.

Namun, siapa sangka ternyata kesalahan tersebut justru memunculkan ide kreatif lulusan seni rupa ITB  yang satu ini. Dengan bahan cat tersebut, ia mencoba melukis motif-motif karangannya sendiri pada media botol bekas yang ada di rumahnya. Gak disangka hasilnya begitu menarik sehingga membuat ia ketagihan membuat kerajinan yang lebih dikenal dengan istilah glass painting tersebut. Beranjak ke dunia bisnis, hasil karya glass painting miliknya kemudian ia upload via media sosial meski. Dan hasilnya? Respon positif mengalir deras bahkan banyak yang langsung tertarik dan memesan produk “kebetulan” tersebut.

Suatu ketika, ia mendapat tawaran kerjasama dari sebuah perusahaan minuman. Dengan tahap awal 20 botol lukis, ia akhirnya dipercaya menggarap proyek besar yakni sebanyak 1500 botol lukis dengan tenggat waktu 1,5 bulan. Hebat bukan? Untuk memenuhi target tersebut tentu tidak bisa ia kerjakan sendiri, ia kemudian merekrut mahasiswa seni rupa dari mantan universitasnya untuk membantu proses penyelesaian.

Kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya kembali terlihat, pada tahun 2010 ia mendapat tawaran mengikuti pameran khusus produk kerajinan tangan Inacraft di Jakarta. Dari sana khirnya Mira bersama brand usaha glass painting “Meerakatja” mendapatkan kucuran permodalan sebesar Rp 50 juta dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Tak menyiakan kesempatan, Mira langsung berekspansi dengan memperbanyak jumlah produksi kerajinan merakyat sehingga bisa dan mampu menyentuh omset usaha Rp 30 juta/bulan. Ini tentunya menjadi pencapaian luar biasa bagi Mira yang awalnya hanya beromzet 5 juta perbulan menjadi sebesar ini.

Kini Mira masih terus berkreasi menciptakan pasar bisnis yang lebih meluas bagi produk yang dimiliknya. Tidak hanya botol lukis, ia juga menerima tawaran untuk produk kaca lain seperti interior rumah. Bahkan beberapa produk miliknya sudah ada yang diekspor ke luar negeri meskipun belum sepenuhnya bersifat ekspor. Bersama 3 orang karyawan tetap, ia masih menjadi tokoh utama yang bertugas sebagai pembuat pola dasar semua karya glass painting merk Meerakatja. Untuk mempertahankan kualitas produk, Mira masih terus menggunakan cat kaca yang diimport langsung dari Jerman.

Kreatifitas yang dipadukan dengan kemauan memanfaatkan peluang menjadi kunci sukses milik Ratna Miranti. Ngomong-omong dengan usahanya itu kini ia berhasil mendapatkan kesuksesan meski dari arah yang tidak disangka sebelumnya. Nah teman-teman, bagaimana dengan rekan-rekan sekalian, ada yang siap mengikuti jejak entrepreneur wanita yang satu ini?

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.