Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Segera Buka Impor Lidah Sapi

0

Jakarta, HarianBernas.com ? Impor  lidah sapi akan segera dibuka oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Daging lidah ini merupakan salah satu variasi daging sapi mulai tahun 2016.

Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) nomor 58/Permentan/PK.210/11/2015 tentang pemasukan karkas, daging, dan/atau olahan ke dalam wilayah negara Republik Indonesia telah diterbitkan dalam dokumen resmi Kementa yang diterima di Jakarta, Kamis(17/12). Impor daging variasi telah diijinkan oleh Menteri Pertanian seperti lidah, lidah potong panjang, lidah potong pendek, lidah potong spesial, lidah potong Swiss spesial. Selain itu, impor pangkal lidah, daging pipi,daging kepala, daging bibir dan urat, juga diperbolehkan.

Teguh Boediyana selaku Ketua Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) menyatakan, seharusnya Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan membicarakan bersama tentang importasi tersebut. Mereka juga harus menelaah jumlah yang dapat diimpor agar tidak distorsif pada usaha rakyat, yakni penjagal dan pedagang. Hal ini akan berdampak pada peretnak rakyat.

 Jika yang diimpor hanya lidah, dampak yang ditimbulkan mungkin tidak akan terlalu besar. Tetapi pada dassarnya, apapun produk yang akan diimpor, harus didasari dengan perhitungan cermat.

Selain mempertimbangkan jumlah produk yang boleh diimpor, pemerintah sudah seharusnya juga memperhitungkan negara asal produk. Negara asal produk yang menjadi target, haruslah benar-benar bebas dari penyakit hewan menular, termasuk penyakit mulut dan kuku, tuturnya.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.