Berita Nasional Terpercaya

Nilai Tukar Rupiah Menguat

0

Jakarta, HarianBernas.com ? Nilai tukar rupiah di pasar uang sport antarbank Jakarta menguat 129 poin dari 14.054 menjadi Rp. 13.925 pada Jumat(18/12).

Lukman Leong, Analis PT Platon Niaga Berjangka mengatakan bahwa, euforia kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS masih menjadi salah satu faktor pendorong bagi nilai tukar rupiah sehingga kembali berada dalam area positif.

?Sebagian investor memandang, kenaikan suku bunga AS memberi dampak positif. Hal ini dapat menunjukkan meningkatnya kepercayaan terhadap prospek ekonomi di negara itu. Naiknya suku bunga AS memberikan kepastian kepada pelaku pasar uang di negara-negara berisiko,? tuturnya.

Lukman berpendapat, perekonomian Amerika Serikat yang membaik akan membawa dampak positif pada perkembangan ekonomi global yang saat ini cenderung masih mengalami perlambatan terutama dari Tiongkok. Pergerakan mata uang rupiah yang meningkat, juga tak lepas dari penjagaan Bank Indonesia di pasar valas domestik.

Penyerapan anggaran yang maksimal, akan menopang perekonomian domestik sehingga akhirnya  mata uang rupiah dapat terjaga. Harapannya, di tahun 2016 mendatang, penyerapan anggaran pemerintah untuk belanja infrastruktur dapat lebih baik dibandingkan tahun ini.

Kondisi ekonomi Indonesia tahun 2016 diprediksi oleh Analis dari Investa Saran Mandiri, Kiswoyo Adi Koe, secara rata-rata akan jauh lebih baik dibandingkan kondisi ekonomi tahun 2015. Ia memprediksi pada tahun 2016, pemerintah akan mengeluarkan anggaran antara Rp 20- 100 triliun.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.