Berita Nasional Terpercaya

Berkat ‘Penyihir’, Penulis Ini Meraup Ratusan Juta Dolar

0

INGGRIS, HarianBernas.com— Siapa sih yang tidak tahu serial Harry  Potter?

Serial remaja yang dirilis pada tanggal 29 Juni 1997 ini mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan sahabatnya Ronal Weasley dan Hermione Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts. Inti cerita dalam novel ini berpusat pada upaya Harry untuk mengalahkan musuhnya seorang penyihir jahat bernama Lord Voldemort yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi, menaklukkan dunia sihir, menguasai orang-orang nonpenyihir dan membinasakan siapapun yang menghalangi jalannya.

Namun taukah kalian dibalik kesuksesan dan kemasyhuran kisah Harry Potter ini terdapat kisah yang memilukan dari penulisnya, berikut akan kita bahas secara singkat semoga bermanfaat.

Baca juga: Teks Deskriptif: Definisi, Struktur Umum, Jenis dan Contohnya

Joanne Kathleen Rowling atau yang lebih dikenal Sebagai J.K. Rowling lahir di Yate,  Gloucestershire Utara, Inggris pada tanggal 31 Juli 1965, Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana ia menikah dengan seorang wartawan Portugis dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Jessica. Namun pernikahannya tak berlangsung lama, setelah bercerai ia menjadi seorang ibu tunggal yang menghidupi keluarganya seorang diri, mulai dari sinilah kesulitan demi kesulitan hidup menerpanya hingga akhirnya ia memutuskan untuk menulis

Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai. Ia tidak memiliki komputer, dan hanya memiliki mesin tik tua. Ia juga tak mempunyai uang, bahkan hanya untuk membayar foto kopi. Maka ia terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit. Ia mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

Namun perjalanannya tidak semulus jalanan aspal, walaupun ia harus berulang kali mengalami penolakan sebanyak 12 kali akan tetapi tidak membuatnya putus harapan, Setelah beberapa kali ditolak penerbit yang ke 13 lah  yang bersedia menerima naskahnya dan mulai memasarkan, akhirnya nasib dan takdir baik berpihak padanya, Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah untuk jumlah sebanyak $4000.

Waktu terus berjalan, Rowling semakin bersemangat melanjutkan hidupnya sebagai seorang penulis yang mulai mengangkat namanya, keberuntungan demi keberuntungan mulai berpihak kepadanya hingga pada tahun 2000 tiga buku pertama Harry Potter : Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban telah memperoleh keuntungan lebih kurang 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa. Sungguh hasil yang sangat fantastis bagi seorang penulis pemula seperti dirinya. Namun tidak berhenti disitu saja, pada tahun 2000 Harry Potter dan Piala Api telah dicetak untuk pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah. Buku kelimanya, Harry Potter dan Orde Phoenix telah mulai dipasarkan pada 21 Juni 2003, serentak di seluruh

dunia setelah lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan. Buku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran juga telah diluncurkan secara resmi pada 16 Juli 2005. Tak berhenti kisah Harry Potter dalam serial bukunya, sebuah perusahaan produksi film asal Inggris mengangkat keseluruhan edisi buku Harry Potter dalam bentuk film layar lebar  yang pada awal minggu pembukaannya di Amerika Serikat telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar Amerika Serikat (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park (1999)).

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

J.K. Rowling bisa jadi adalah seorang penulis yang sangat beruntung, tercatat ia telah menulis sebanyak 7 serial Harry Potter yang keseluruhannya diangkat ke layar lebar dan berhasil meraih kesuksesan yang luarbiasa. Hingga akhirnya menasbihkan namanya sebagai penulis Novel paling terkenal dan menjadi salah satu wanita terkaya di dunia dengan novel terlaris sepanjang sejarah hasil karangannya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.