Berita Nasional Terpercaya

Dari Jalanan Hingga Sorot Lampu Panggung Ketenaran

0

JAKARTA, HarianBernas.com— ?Namaku Bento rumah real estate

Mobilku banyak harta berlimpah

Siapa yang tidak mengenal penggalan lirik lagu tersebut? Ya, penyanyi lagu tersebut ialah Iwan Fals yang tersohor hampir ke pelosok negeri, namanya semarak di teriakan oleh para OI dan penikmat musik Indonesia. Namun tahukah kalian dibalik kesuksesannya Iwan Fals menyimpan kisah yang bisa menginspirasi kita semua. Ikuti saja cerita selengkapnya.

Iwan Fals dibesarkan oleh kerasnya jalanan kota kembang.  Sejak usianya 13 tahun ia menghabiskan waktu kanak-kanaknya untuk mengamen di jalanan Kota Bandung, namun disinilah bakat musiknya terasah dan melatih kemampuannya bergitar serta mencipta lagu

Selanjutnya, datang ajakan untuk mengadu nasib di Jakarta dari seorang produser. Ia lalu menjual sepeda motornya untuk biaya membuat master. Iwan rekaman album pertama bersama rekan-rekannya, Toto Gunarto, Helmi Bahfen, dan Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul, namun album tersebut gagal di pasaran dan Iwan kembali menjalani profesi sebagai pengamen. Sekarang album ini menjadi buruan para kolektor serta fans fanatik Iwan Fals.

Nasib baik menghampirinya ketika ia menjuarai festival musik country dalam kategori lagu humor. Lagu-lagu humor milik Iwan sempat direkam bersama Pepeng, Krisna, dan, Nana Krip serta diproduksi oleh ABC Record. TetapI agu-lagu tersebut juga gagal dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Sampai akhirnya, Iwan bekerja sama dengan Musica Studio. Sebelum ke Musica, Iwan sudah rekaman sekitar 4-5 album. Di Musica, barulah lagu-lagu Iwan digarap lebih serius. Album Sarjana Muda misalnya, musiknya ditangani oleh Willy Soemantri. Namun apa yang terjadi setelah albumnya diterima?

Iwan tetap menjalani profesinya sebagai pengamen walaupun telah mendapatkan tempat di panggung musik. Ia mengamen dengan mendatangi rumah-rumah satu demi satu, kadang di Pasar Kaget atau Blok M. Album Sarjana Muda ternyata banyak diminati dan Iwan mulai mendapatkan berbagai tawaran untuk bernyanyi. Ia kemudian sempat masuk televisi setelah tahun 1987. Saat acara Manasuka Siaran Niaga disiarkan di TVRI lagu Oemar Bakri sempat ditayangkan di TVRI. Ketika anak kedua Iwan, Cikal lahir tahun 1985, kegiatan mengamen langsung dihentikan. Dan Iwan Fals mulai serius menekuni dunia bermusiknya hingga saat ini.

Iwan Fals merupakan seorang penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country yang menjadi salah satu legenda di Indonesia. Lewat tembang-tembang yang dibawakannya ia banyak mengutip potret sosial kehidupan dan ikut menyuarakan suara rakyat dalam senandung yang sangat enak didengar dari akhir 70-an hingga sekarang.Seperti,  kritik atas perilaku sekelompok orang (seperti Wakil Rakyat, Tante Lisa), empati bagi kelompok marginal (misalnya Siang Seberang Istana, Lonteku), atau bencana besar yang melanda Indonesia (atau kadang-kadang di luar Indonesia, seperti Ethiopia).

Leave A Reply

Your email address will not be published.