Berita Nasional Terpercaya

Arus Penumpang Natal Mulai Mengalir di Palu

0

PALU,HarianBernas.com–Meski cuaca dan gelombang laut tak bersahabat, para penumpang yang memanfaatkan jasa transportasi laut tetap memadati sarana transportasi laut maupun darat di Palu, Sulawesi Utara. Para penumpang yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman itu menyerbu kapal feri maupun angkutan darat. Sejak Senin (21/12) arus penumpang mulai mengalir meski belum memasuki puncak kepadatan.

Dari hasil pemantauan di Terminal Induk Mamboro Palu Utara, Selasa (22/12), penumpang yang tiba maupun diberangkatkan dalam tiga hari ini mulai mengalami peningkatan. Menurut  Kepala Terminal Induk Mamboro Palu Utara Irfan, jumlah penumpang terlihat meningkat, terutama penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) menuju Palu-Manado dan Palu-Toraja,. Kedua kota di Sulut dan Sulsel ini merupakan kantong penduduk Kristen sehingga menjelang Natal dan Tahun Baru banyak warga yang tinggal di Kota Palu pulang untuk merayakan Natal bersama keluarga.

Sementara berbeda dengan Lebaran, penumpang dari Palu menuju Manado dan Toraja justru tidak mengalami peningkatan.
Jalur Palu-Makassar, Palu-Gorontalo, penumpang dipastikan membludak karena merupakan kantong muslim. Menurut Irfan, untuk mengantisipasi dan demi kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru, terutama darat, pihaknya memberi perhatian besar terhadap keselamatan penumpang.

Dikatakan, keselamatan penumpang menjadi prioritas dalam angkutan Natal dan Tahun Baru, sehingga sebelum bis diberangkatkan petugas wajib memeriksa seluruh kondisi fisik dan kelangkapan kendaraan. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa bis yang dipakai layak beroperasi mengangkut penumpang mudik Natal dan Tahun Baru sehingga aman. Irfan mengaku tidak akan memberangkatkan bus yang tidak laik jalan.

Sementara Kepala Terminal Tipo Amiruddin mengatakan, Terminal Tipo yang terletak di Kecamatan Ulujadi melayani trayek AKAP tujuan Palu-Sulbar. Ia mengaku dalam beberapa hari ini arus penumpang terus meningkat, namun peningkatan belum mencapai puncaknya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.