Berita Nasional Terpercaya

Menjelang Natal, Umat Diminta Menjaga Kerukunan

0

MANADO,HarianBernas.com–Indonesia dikenal sebagai negara yang pluralis, majemuk. Beragam suku, agama dan aneka latar belakang  budaya ada di Indonesia. Dan keragaman itu justru merupakan kekuatan Indonesia untuk menjadi negara yang besar dan kuat.

Karena itu, Wakil ketua MPR-RI Ever Erenst Mangindaan mengajak seluruh warga Sulawesi Utara agar tetap menjaga kerukunan dan persaudaraan, terutama menjelang hari raya Natal 2015 dan tahun baru 2016. “Sejak dulu Sulawesi Utara adalah daerah yang aman dan persaudaraanya tidak tergoyahkan, karena itu harus tetap dipertahankan apalagi menjelang hari raya,” kata Mangindaan di Manado, Rabu (23/12).

Menurut Mangindaan, jika masyarakat mendengar ada isu-isu tentang adanya teror atau sejenisnya, atau ada kelompok ekstrim bersenjata yang mencoba merongrong dan melakukan kekacauan, jangan panik. Masyarakat harus tetap tenang, mencari tahu kebenaran informasi, namun jangan sampai lengah, tetap waspada dan berjaga-jaga agar tidak kecolongan.

Menurut Mangindaan, aparat keamanan di Sulawesi Utara memiliki banyak informasi dan data, sehingga bisa melakukan tindakan yang tepat mulai dari pencegahan sampai ke upaya represif jika perlu. Karena itu masyarakat harus tetap tenang. Dikatakan, dengan kemajuan yang terjadi Sulawesi Utara, khususnya Manado, kini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dituju, bahkan para pencari kerjapun banyak berdatangan ke Manado dari berbagai penjuru Indonesia.

Dengan demikian, banyak kemungkinan yang bisa terjadi dan harus tetap berjaga-jaga dan yakin bahwa daerah ini akan selalu aman dan persaudaraan serta kerukunan jauh lebih baik dari segala sesuatu.

Gubernur Sulawesi Utara periode 1995-2000 ini juga yakin bahwa Sulawesi Utara merupakan daerah yang aman, karena dengan karakteristik masyarakat yang suka damai dan tidak mudah goyah dengan berbagai isu yang dihembuskan untuk menggoyahkan persatuan dan kerukunan. “Sejak dulu Sulawesi Utara stabil. Karena itu saya yakin juga akan tetap seperti itu. Dan itu sudah teruji, yang penting tetap ingat falsafah hidup kita, torang samua basudara,” kata Mangindaan.

Mangindaan mengajak seluruh warga Sulawesi Utara untuk selalu berdoa kepada Tuhan memohon agar daerah tetap diberikan keamanan dan kenyamanan sehingga sampai hari raya tetap aman dan persaudaraan selalu terjalin mesra dan penuh kasih sayang.
 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.