Berita Nasional Terpercaya

Tak Hanya Eksis di Tanah Air, Cokelat Bali pun Ingin Go Internasional

0

DENPASAR, HarianBernas.com – Tidak hanya eksis di tanah air, Olahan cokelat Bali tengah dipersiapkan untuk Go internasional oleh Pengusaha I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha.

“Persiapan sedang dilakukan dengan membangun pabrik cokelat di kawasan Sembung, Tabanan, tahun 2016. Setelah itu kami konsentrasi untuk menggarap pasar lokal dan mempersiapkan go international,” kata Wanita yang akrab disapa Inda Trimafo, Rabu (23/12).

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Bisnis cokelat yang telah dirintis bersama sang suami, Tobias Challanger Garrit sejak tiga tahun lalu ini bernama PT. Bali Chocolate (PT BC).  Respon pasar yang positif membawa produk PT BC menembus pasar Hotel Bintang Lima dan segera menembus supermarket-supermarket di Denpasar.

Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, Inda mendatangkan bahan baku dari petani-petani lokal seperti, Badung, Petang, dan Muntigunung, Karangasem. 

Dengan Go Internasional, Inda berharap agar usahanya dapat mengangkat derajat perekonomian tanah air.

Saat ini, produksi usaha cokelatnya memang baru mencapai 5 ton per bulan, namun tahun depan ketika pabriknya sudah didirikan dengan mesin baru, kapasitas produksi bisa naik sembilan kali lipat.

“Apabila sudah berdiri di Tabanan, wisatawan bisa melihat-lihat isi pabrik cokelat dan bagaimana proses produksinya,” ujar Inda.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.