Berita Nasional Terpercaya

PemKab Purwakarta Akan Meliburkan Seluruh PNS Dan Siswa Sekolah di Purwakarta di Hari Kelahiran Ibu Mereka

0

PURWAKARTA, HarianBernas.com – Mulai 22 Desember 2015, Pemerintah Kab. Purwakarta, Jawa Barat, mempersilakan para pegawai negeri sipil (PNS) mengambil cuti pada hari kelahiran ibunya.

“Kebijakan cuti bagi pegawai pada hari kelahiran ibunya merupakan bagian dari upaya Pemkab Karawang menghormati dan memulyakan pada ibu,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, di Peringatan Hari Ibu di Purwakarta, Selasa (22/12).

Adapun kebijakan tentang hari libur di hari kelahiran ibu telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 463/Kep.1014-Ortala/2015 

Tidak hanya pegawai, seluruh sekolah, baik negeri atau swasta, akan menerima konsekuensi dari peraturan tersebut. 

Dalam kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 463/Kep.1015-Disdikpora/2015, diharapkan siswa bisa memberikan waktu untuk membantu ataupun memuliakan sang ibu di hari ulang tahunnya. Namun, jika ibu siswa tersebut telah meninggal, ia bisa menggunakan waktu tersebut guna berziarah maupun membersihkan makam sang ibunda.

“Kebijakan yang baru ini direalisasikan terhitung sejak 22 Desember 2015,” kata Dedi. 

Menurutnya, Hari ibu hendaklah dirayakan sebagai acara seremonial saja, namun sebagai saat istimewa untuk memuliakan ibu.

“Untuk memelihara hubungan antara ibu dan anak, maka harus ada ruang bagi pegawai untuk memuliakan dan memanjakan ibunya. Jadi setiap pegawai dibolehkan cuti saat hari kelahiran ibunya. Kalau pun ibu yang bersangkutan sudah meninggal, bisa ziarah ke makamnya,” Imbuhnya lagi. 

Mengenai teknis pelaksanaan kebijakan itu, Sekretaris Daerah Pemkab Purwakarta, Padil Karsoma mengaku sudah menyiapkan data para pegawai berikut daftar kelahiran ibunya untuk meminimalisasi penyalahgunaan izin cuti pada kelahiran ibu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.