Berita Nasional Terpercaya

Setelah 15 tahun Hidup Tanpa Uang, Kebahagiaan Hidup pun tercapai

0

JERMAN, HarianBernas.com – Adakah seorang bisa hidup tanpa uang? Coba Anda bayangkan jika tidak ada uang sama sekali di kantong Anda? Bisakah Anda bahagia?

Heidemarie Schwermer, perempuan berusia 69 tahun asal Jerman ini menunjukkan bahwa uang bukan jaminan untuk membuat kita hidup lebih bahagia. Bahkan selama 15 tahun, ia berhasil menjalani hidup tanpa uang.

Bagaimana kisahnya?

Sebelum Perang dunia ll, keluarganya hidup serba kecukupan, namun, saat perang meletus, harta milik keluarganya hilang.

Sebagaimana dilansir livingwithoutmoney.org, keadaan keluarganya segera pulih, karena ayahnya mendapat pekerjaan yang baik.

“Waktu itu akhirnya kami bisa kaya kembali dan kami berusaha untuk mempertahankannya. Tapi, tetap saja saya harus mandiri saat kaya maupun miskin,” tungkas Schwermer.

Perempuan yang dulunya bekerja sebagaiguru dan fisioterapis itu memiliki penghasilan cukup besar.

Meski hidup berkecukupan, ia tidak merasa nyaman dengan hidupnya. Ia mencari cara agar mampu hidup tanpa uang sepeserpun.

Akhirnya, pada 1994 silam seorang temannya meminta Schwermer untuk menjaga kediaman pribadinya selama satu tahun. Tak disangka, hingga kini ia masih bertahan di rumah tersebut.

“Saat itu saya hanya coba-coba, namun saya bisa menemukan esensi hidup yang baru. Maka saya tak berniat kembali menjalani hidup seperti yang dahulu,” tambahnya.

Setiap hari, Schwermer beraktivitas bersama tetangga di sekitar rumahnya. Beberapa warga merasa kagum dengan pilihan hidupnya, dan memberinya makan secara cuma-cuma.

Kini, ia telah menulis dua buku tentang pengalaman hidupnya tanpa uang, ia juga tidak menerima keuntungan secara materi dan menyumbangkan uang yang diterimanya untuk membuat orang lain bahagia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.