Berita Nasional Terpercaya

Harga BBM Turun, Apa Saja Tiga Komponen yang Menentukan Penurunan Tersebut?

0

JAKARTA, HarianBernas.com — Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ditentukan oleh tiga komponen, yakni harga minyak dunia, kurs mata uang, dan efisiensi mata rantai pasokan yang 97 persen dikelola Pertamina. Ketiga komponen itu memungkinkan harga BBM diturunkan mulai 5 Januari 2016.

Selain itu, menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said saat mengumumkan penurunan harga BBM, Rabu (23/12), berbagai kebijakan pemerintah selama ini dirasa semakin memberikan efisiensi. Dalam pengumuman itu, Menteri ESDM menyebutkan, terhitung mulai 5 Januari 2016, harga premium diturunkan dari Rp 7.300 menjadi Rp 7.150 dan harga solar turun dari Rp 6.700 menjadi Rp 5.650.

Dalam jumpa pers setelah sidang kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta, bukan sekadar memenuhi nilai keekonomian, mulai tahun depan harga BBMs udah termasuk pungutan dana ketahanan energi di mana untuk solar sebesar Rp 300 per liter dan untuk premium Rp 200 per liter. “Kebijakan yang dirasa semakin memberikan efisiensi mata rantai pasokan,misalnya, pembubaran Petral, pengambilalihan Kilang Trans Pacific Petroleum Indotama (TPPI) yang menurunkan impor,” kata Sudirman Said.

Selain faktor tersebut, menurut Sudirman Said, juga semakin didorong oleh selesainya modernisasi kilang Cilacap tahap pertama sehingga impor turun dan stabilitas kurs pun turun. Disebutkan, dalam tiga bulan terakhir ada penurunan crude 80 persen sejalan penurunan mob solar 18 persen dalam bulan-bulan terakhir. Dan ada anomali di mob premium yakni turun 8 persen, solar (turun) lebih signifikan.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ESDM mengatakan bahwa pemerintah mulai memupuk dana ketahanan energi tahun depan yakni Rp 300 per liter untuk solar dan Rp 200 per liter untuk premi sebagai implementasi pasal 30 UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang energi. UU itu mengamanatkan keharusan bagi pemerintah untuk menerapkan premi energi fosil untuk pengembangan energi baru terbarukan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.