Berita Nasional Terpercaya

Pemberdayaan Sampah Menjadi Pesan Malam Natal Gereja Katholik Nandan, Sleman

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Himbauan untuk memberdayakan sampah, menjadi salah satu poin penting dalam khotbah malam natal (24/12) di Gereja Katolik St. Alfonsus, Nandan.

” Manusia adalah penghasil sampah yang baik, jangan buat bumi ini menangis karena sampah-sampah yang kita buang. Jika bisa diberdayakan, kenapa harus dibuang?, ” tegas Romo G. Kriswanta, Pastor Paroki St. Alfonsus Nandan dalam khotbahnya tersebut.

Sebagai salah satu bentuk pemberdayaan sampah, gereja ini membuat beberapa pohon natal nan indah dari limbah gelas plastik bekas air mineral.

Dalam perayaan ekaristi yang dimulai pukul 17.30 tersebut, Romo yang akrab disapa Romo Kris ini juga menghimbau agar umat Khatolik tidak memiliki mental seperti gua natal.

” Gua natal memang indah, apalagi dengan pernak-perniknya, namun apabila perayaan natal telah usai, gua itu akan dimusnahkan dan bahkan dibakar. Jadi, janganlah kita menjadi seperti itu, Tuhan yang hadir harus bersemayam dalam diri yang tangguh,” imbuhnya.

Ratusan umat yang mengikuti perayaan ini terlihat khusuk dan khidmat mengikuti perayaan ekaristi. Hingga perayaan selesai, suasana damai tetap menyelimuti gereja ini.

” Semoga kelahiran Yesus Kristus dalam diri setiap orang, mampu menghadirkan damai bagi semua bangsa, ” kata salah seorang umat yang turut merayakan malam natal di gereja tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.