Berita Nasional Terpercaya

Khawatir Pada Keselamatan Kakaknya, Siswa SMP ini Menciptakan Sepatu Listrik

0

BOGOR, HarianBernas.com – Kasus kekerasan dan pelecehan seksual menjadi sorotan masyarakat pada zaman sekarang ini. Minimnya keamanan dan rendahnya penerapan hukum membuat kasus kekerasan dan pelecehan seksual seolah-olah tidak ada ujungnya. Hal ini menarik perhatian siswa SMP N 1 Bogor. Berawal dari rasa khawatir terhadap kakak perempuannya, ia berhasil meraih medali emas. Apa yang dilakukannya? Yuk, simak kisahnya!

Hibar Syahrul Gafur, membuat sepatu wanita yang dilengkapi aliran listrik sebagai senjata bila wanita merasa dirinya terancam. Awalnya, ia tidak ingin membuat sepatu. Tetapi bra yang dilengkapi oleh aliran listrik. Namun, Hibar memikirkan resiko yang cukup tinggi dari bra tersebut. Gagasan untuk membuat sepatu dengan aliran listrik mendapat respon positif dari gurunya.

Perlu waktu satu bulan untuk mempelajari pembuatan rangkaian aliran listrik dan melilit kabel agar bisa menyimpan dan mengaliri listrik. Hibar mulai memasang kabel-kabel yang dapat mengaliri listrik sebesar 450 volt pada alas sepatu. 

“Jika sepatu di bagian ujungnya dilapisi lempengan kecil dari besi, saat ditempelkan selama 1 menit bisa membuat orang tersengat listrik dan akhirnya lemas,” ungkap Hibar.

Untuk uji coba, sepatu ini diuji cobakan pada ayam. Dan benar saja, setelah satu menit, ayam tersebut langsung jatuh lemas akibat tersengat listrik.

Masih banyak kekurangan pada ciptaan Hibar. Jika hujan, sepatu bisa kemasukan air dan membahayakan pemakainya. Sampai sekarang, Hibar masih memikirkan jalan keluarnya.

Sepatu ini bak smartphone. Bila listriknya habis, sepatu bisa diisi baterainya selama dua sampai tiga jam. Hibar terus menerus menyempurnakan ciptaannya ini. Ia pernah meminta bantuan dana pada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang ujung-ujungnya ditolak. Hal ini malah memicu semangat Hibar untuk terus berusaha menyempurnakan sepatu ini.

Usahanya ini berbuah manis, berbagai lomba ia ikuti. Ia berhasil meraih medali emas pada International Invention, Inovation & Technology Exhibition (ITEX) di Malaysia untuk kategori Safety and Health.

Jangan mau kalah sama anak SMP yaaa

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.