Berita Nasional Terpercaya

Pembangkit Listrik Tenaga Kulit Kacang

0

TANGGERANG, HarianBernas.com – Ketika anda memakan buah, atau sayur, anda hanya memakai isinya saja. Kulitnya anda buang. Seperti halnya pada kacang. Anda akan mengolah isi kacang menjadi sesuatu yang enak. Tapi, kulitnya dibuang begitu saja. Tahukah anda, bahwa kulit kacang memiliki banyak manfaat. Penasaran, simak kisahnya!

Nisrina Nuramalia Fathina, berhasil membuat tiga jenis produk baru dari limbah kulit kacang. Bahkan, siswi SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan ini memberikan temuannya secara cuma-cuma alias gratis.

“Saya lebih suka penemuan saya itu dipakai secara massal. Ini untuk dunia, kenapa harus ada bayar-membayar. Akan tetapi, jangan ada yang mengaku-ngaku juga sih, sebagai karya mereka,” kata Nisrina.

Produk pertama yang dihasilkan dari kulit kacang adalah sebagai sumber elektrolit. Setelah kulit kacang diolah, kulit kacang ini dapat menghidupkan sebuah kalkulator bahkan bisa menyalakan lampu LED.

Produk yang kedua adalah tabir surya. Kulit kacang memiliki kandungan SPF sebesar 137. Hal ini dapat dioleskan pada kulit manusia untuk melindungi dari sengatan matahari. Dan produk yang ketika adalah papan.

Proposalnya berhasil lolos dan meraih medali perak pada High School Environment Project Olympiad di Oswego, New York, Amerika Serikat tahun 2013. Para juri terkesima dengan proyek buatan anak Indonesia ini. Tidak hanya sampai situ, Nisrina juga berencana untuk mengikuti berbagai lomba lainnya.

Lain kali, jangan buang kulit kacang yaaaa…

Leave A Reply

Your email address will not be published.