Berita Nasional Terpercaya

Waktu Kecil Tidak Pernah Bisa Beli Sepatu, Kini Memiliki Brand Sepatu Asli Indonesia Dengan Konsumen Para Pesohor Dunia

0

BALI, HarianBernas.com— Di dalam dunia bisnis, semua orang bebas berkreasi dan mendapat inspirasi dari mana saja. Bahkan pengalaman semasa kecil yang unik bisa juga kok disulap menjadi ide bisnis. Hal tersebut yang dilakukan oleh entrepreneur wanita bernama Niluh Djelantik. Kisah awal ia membangun bisnis sepatu justru karena teringat  dulunya waktu masih kecil ia tidak pernah bisa mendapatkan sepatu yang ia inginkan.

Namun apa? Keterbatasan di masa lalu tersebut justru kini mengantarkan ia menjadi seorang pebisnis sukses dengan brand usahanya Nilou Shoes. Yang lebih membanggakan lagi, produk sepatu modis rancangannya tersebut ternyata menjadi brand yang digandrungi oleh beberapa artis dunia seperti Uma Thurman, Gisele Bundchen, Tara Reid, serta Robyn Gibson. Keren kan? Dengan penjualan yang sudah sampai pasar asing, tentunya bisnis yang dijalankan Niluh Djelantik bisa dibilang telah mencapai kesuksesan besar.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kisah Niluh Djelantik dalam mendapatkan inspirasi bisnis merupakan hal yang menarik untuk disimak. Bermula ketika ia masih kecil, sang ibu yang membesarkan dirinya seorang diri tentu tidak selalu bisa memberikan semua hal yang Niluh inginkan. Namun dirinya sangat faham akan hal tersebut, dan tidak ingin semakin mempersulit beban hidup orang tuanya.

Salah satu hal yang selalu teringat dibenak ia adalah tentang sepatu. ketikat mendapatkan sepatu untuk bersekolah, sang ibu membeli sepatu dengan ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran kakinya. Alasannya, agar sepatu tersebut bisa dipakai lebih lama dan tidak perlu lagi sering membeli sepatu baru. Meski kurang nyaman, untuk mengakali agar lebih pas dipakai, Niluh menambahkan beberapa lembar kain di bagian bawah sehingga sepatunya tidak kedodoran saat dipakai.

Dari situlah Niluh kecil mengaku mulai mempunyai keinginan besar, bahwa suatu saat nanti ia harus bisa memiliki sepasang sepatu yang nyaman dan sesuai dengan keinginannya.

Sebelum terjun ke bisnis sepatu yang membesarkan namanya, basic ilmu yang dimiliki Niluh memang bukan berhubungan dengan dunia fashion. Lulusan manajemen keuangan Universitas Gunadarma tersebut awalnya justru berkarir sebagai seorang operator telepon di salah perusahaan yang ada di Jakarta.

Namun pekerjaan tersebut tak terlalu lama ia jalani. Tekanan kehidupan yang begitu berat di ibukota serta keinginan sang ibunda, akhirnya membuat ia harus melepas pekerjaan tersebut dan pulang ke kampung halamannya di Bali.

Setelah pulang, rupanya jalan karir Niluh justru semakin berkembang. Ia berhasil masuk di salah satu perusahaan fashion yang dimiliki pengusaha asal Amerika bernama Paul Ropp. Dengan pengalaman dan keahliannya itu, akhirnya ia berhasil duduk di posisi Direktur Marketing perusahaan tersebut. Hal ini tidak terlepas dari pencapaian Niluh yang berhasil menggedor hasil penjualan perusahaan naik lebih dari 330% di tahun pertamanya menjabat posisi tersebut.

Di tahun 2003, hal buruk menimpan Niluh. Ia menderita sebuah penyakit saat ia berada di New York dalam sebuah misi bisnis. Dan akibat penyakit tersebut ia mau tidak mau harus putus kontrak dengan perusahaan tempatnya bekerja saat itu. Hal yang sangat memilukan, namun ia tetap percaya  bahwa ini bukanlah akhir perjuanngannya.

Sekembali ke Bali, ia bertemu tambatan hati yakni seorang pria asing bernama Cedric Cador. Dan nyatanya dari benih cinta tersebut justru muncul peluag bisnis  bersama dengan pria yang sering membawa produk Indonesia untuk dipasarkan di kawasan Eropa tersebut.

Jadilah mereka mulai mengembangkan bisnis yang sudah lama menjadi mimpi dan cita-cita Niluh yaitu bisnis produk sepatu. Dan nama brand Nilou dipilih berasal dari pengucapan namanya sendiri yang biasanya orang asing menyebut Niluh menjadi Nilou. Dengan kemampuan membuat sepatu hak tinggi yang ia pelajari secara otodidak dan pengalamannya mengamati banyak brand sepatu populer, akhirnya ia mampu membuat beberapa produk high heels otentik yang sangat unik.

Dengan dibantu pasangannya yang ahli di bidang pemasaran asing, ekspansi bisnispun dimulai. Brand sepatu Nilou yang memang unik berhasil memancing perhatian pengamat fashion dunia hingga produk tersebut banyak dipesan outlet fashion di berbagai negara.

Setelah beberapa tahun berjalan, kini setidaknya Nilou sudah mendirikan 36 butik di 20 negara. Wow.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.