Berita Nasional Terpercaya

Bercanda Membawa Bom di Pesawat, Ketiga Pria Ini Ditahan

0

KUPANG, HarianBernas.com – Lelucon yang kelewatan, dapat membuat seseorang yang mendengarnya menganggap serius. Seperti halnya yang baru saja terjadi di Bandara El Tari Kupang Sabtu (26/12). Tiga orang pria harus ditahan oleh Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT), sebab bergurau membawa bom.

“Ketiga pria tersebut saat ini kita proses dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi terkait motif dari mengapa salah seorang temannya mengeluarkan bahasa bom, saat telah berada di atas pesawat.” ucap Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda NTT), Brigjen Pol Endang Sunjaya. Ketiga pria ini ditahan walaupun hanya bergurau membawa bom, sebab membahayakan keamanan dan keselamatan penumpang lainnya.

Ketiga pria ini adalah Endang Hendi Susandi, Febby Maulana Akbar dan Heri Iskandar yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di Kupang. Ketiganya berasal dari Sukabumi, Jawa Barat.

Avsec El Tari menahan sebuah koper yang berisi tabung. Tabung ini ternyata berisi obat nyamuk. Hal ini menyebabkan pihak maskapai Batik Air memanggil seluruh penumpang untuk melakukan pengecekan secara manual yang disaksikan oleh pemiliknya. Namun Endang tidak datang ketika namanya dipanggil. Koper yang berisi tabung obat nyamuk, harus ditahan oleh pihak maskapai karena membahayakan penerbangan.

Selesai pemeriksaan, penumpang dipersilahkan untuk naik ke pesawat. Namun saat hendak menaiki tangga masuk menuju pesawat, Endang Hendi Susandi mengatakan pada pramugari “Kalau saya bawa bom gak boleh ya?”. Pramugari yang mendengar hal ini langsung melapor pada pilot dan meneruskan ke Avsec (Aviation Security Services) maupun pengendali Lapangan Udara El Tari. Endang dan kedua temannya ditahan oleh pihak keamanan bandara.

“Dalam UU nomor 1 tahun 2009 juga sudah dijelaskan soal larangan tersebut, sehingga hal ini berkaitan dengan hukum.” ucap General Manajer Bandara El Tari Kupang, I Gusti Ketut Gede Arnawa. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat belum paham betul mengenai UU Penerbangan. Ia berharap agar masyarakat paham mengenai UU penerbangan beserta larangannya demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.