Berita Nasional Terpercaya

Sering Diremehkan, Kini Menjadi Penasehat Menteri Perdagangan dan Investasi di Inggris di Usianya Yang Masih Muda

0

INGGRIS, HarianBernas.com – Siapa yang tidak suka cokelat ?

Saya rasa, mayoritas dari teman-teman psti menyukai makanan satu ini bukan ? Mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai cokelat. Maka, peluang bisnis pun begitu besar di bidang coklat ini. Nah peluang inilah yang ditangkap oleh pemuda 21 tahun asal Inggris ini.

 Semua usaha yang dijalani oleh Louis Barnett didasari dari kecintaannya dengan cokelat. Saat itu, awal dari bisnis nya adalah ketika ia datang ke Waitrose sebuah toko retail besar. Ia pun lalu mencoba bereksperimen dan memamerkan hasil eksperimennya di toko tersebut.

Saat itu ia bersama orang tuanya datang ke Waitrose, banyak orang yang meremehkan karyanya , termasuk pihak Waitrose sendiri. Tak disangka, ternyata cokelat hasil eksperimennya sangat disukai oleh banyak orang. Respon yang sangat bagus, membuat Waitrose memesan cokelat dari Louis Barnett beberapa menit kemudian sebanyak 165 kotak cokelat.

 Saat itu sekaligus menjadikan ia sebagai supplier termuda pada toko retail besar Waitrose. Tak berhenti di situ saja, nama Barnett pun semakin terkenal sehingga banyak produsen cokelat di Inggris berlomba ingin mendapatkan racikan cokelat Barnett.

Ia juga mendapatkan undangan pameran makanan besar di Inggris yang di dalamnya ada petinggi salah satu produsen cokelat terbesar di dunia Sainsbury. Beberapa waktu setelah pameran, Barnett langsung dihubungi oleh Sainsbury untuk menjadi supplier mereka.

Apa sih kunci suksesnya ?

Menurut Barnett, kesuksesan yang ia raih karena sebuah passion yang luar biasa mengenai produk cokelat. Jika Anda tidak memiliki minat pada produk Anda, maka tentu saja Anda tidak akan punya energi untuk menjualnya.

Masih menurut Barnett, setelah belajar berbagai hal mengenai penjualan, ia berkesimpulan bahwa semuanya akan kembali pada pendekatan yang lebih personal. Kecintaan kita terhadap suatu produk, akan membuat kita dengan sendirinya menciptakan sebuah karya dengan maksimal. Kreatifitas dan inovasi akan terus tergali dengan kecintaan Anda pada produk itu sendiri.

Dalam menjalankan bisnis cokelat ini dengan menggunungnya permintaan yang harus Barnett tangani, menuntutnya untuk selalu bekerja keras siang dan malam. Untuk mencukupi pesanan dari Waitrose dan Sainsbury tak akan mampu ia kerjakan sendiri.

Lalu ia merekrut staf sejumlah 10 orang untuk membantunya, dan tentu saja usianya di atas Barnett. Dengan permintaan pasar yang begitu tinggi, ia juga mengembangkan produknya sendiri yang ia namai Chokolit.

Chokolit begitu populer di Inggris dan seakan merajai penjualan cokelat di sana. Namun perjalanan bisnis cokelat yang dijalani Barnett juga tidak sepenuhnya berjalan mulus. Pernah suatu ketika Chokolit yang ia pasarkan di Inggris mengalami penurunan dalam penjualan.

Namun bukannya menyerah, justru pada moment tersebut Barnett berekspansi ke luar negeri. Tak di sangka, ternyata di luar negeri produknya begitu mendapatkan sambutan yang luar biasa oleh konsumen.

Berbagai negara di belahan benua Eropa dan Amerika sekarang mulai menikmati cokelat racikan Barnett. bahkan, sekarang ini keadaan justru menjadi berbalik. Dari yang awalnya Chokolit hanya di pasarkan di Inggris sebagai pembeli mayoritas, kini penjualan di luar negeri menjadi pembeli mayoritas bahkan mencapai 95%.

Prestasi yang luar biasa terkait penjualan cokelat di luar negeri ini, menjadikan kapasitas kemampuan dagang Barnett mulai diperhitungkan oleh negara. Tak main-main, bahkan Louis Barnett dijadikan sebagai penasehat menteri perdagangan dan investasi di Inggris di usianya yang masih muda. Keren bukan ? Be Inspired!

Leave A Reply

Your email address will not be published.