Berita Nasional Terpercaya

Si Anak Ajaib dari Indonesia, Umur 12 tahun dan Berhasil masuk Dua Nominasi Grammy Award 2016

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Prestasi yang luar biasa telah diraih lagi oleh anak bangsa di dunia internasional. Patut kiranya kita turut berbangga dengan apa yang telah ia raih. Namanya adalah Joey Alexander, seorang bocah lugu yang kini menjadi pembicaraan hangat masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Bahkan ia kini tengah dinominasikan untuk bisa mendapatkan penghargaan dalam ajang bergengsi Grammy Award 2016. Dan luar biasanya lagi, ia mendapatkan nominasi tersebut di usia yang masih sangat belia yaitu 12 tahun.

Ditambah lagi ia dinominasikan tak hanya dalam satu kategori saja, namun ia mendapatkan nominasi dalam dua kategori yaitu ?Best Improvised Jazz Solo? untuk lagu ?Giant Steps? dan ?Album Instrumental Jazz Terbaik? untuk album ?My Favorite Things?. Keren bukan ?

Prestasi yang diraih oleh Joey Alexander ini bukanlah sesuatu yang tiba-tiba datang begitu saja. Perjalanan panjang dalam menekuni dunia musik sudah ia mulai sejak ia masih berusia 6 tahun. Selain karena ia memiliki bakat bermusik yang hebat, lebih dari itu ketekunan dan keseriusan Joey Alexander dalam bermusik memang menjadi salah satu faktor sukses nya dalam mengembangkan karir.

Awal perkenalannya dengan musik adalah ketika kedua orang tuanya, Denny dan Fara Sila membelikan alat musik miniatur piano electric keyboard.

Ayah Joey sendiri meski juga bisa bermain musik, namun bukanlah seorang yang profesional. Kedua orang tua Joey sendiri adalah penikmat musik jazz, dan inilah yang nampaknya membuat Joey lantas menjadi sangat akrab dengan musik jazz.

Joey belajar musik jazz kebanyakan dari mendengar langsung dari beberapa album jazz yang dibeli orang tuanya.

Untuk musik jazz memang agak sulit menemukan sekolah maupun kursus secara formal. Keinginan untuk terus mengasah kemampuan dalam bermusik akhirnya tetap diperjuangkan dengan memilih untuk bermain jam session bersama musisi-musisi kaya pengalaman dari Bali dan Jakarta.

Keahliannya dalam bermain musik jazz membuatnya mendapatkan beberapa penghargaan dan berbagai kemenangan dalam kompetisi bermusik. Salah satu yang pernah ia raih yaitu dengan mendapatkan penghargaan Grand Prix pada kompetisi musik jazz untuk semua umur Master-Jam Fest di Odessa, Ukraine. Dan hebatnya, saat itu ia masih berusia 9 tahun.

Banyak musisi besar yang telah meramalkan bahwa kelak suatu saat Joey Alexander bakal mendapatkan sukses bukan saja di Indonesia melainkan di dunia juga. Melihat penampilan Joey Alexander di beberapa acara musik jazz, pujian pun deras mengalir atas pencapaian Joey. Harbie Hancock yang merupakan musisi jazz kenamaan dunia pernah menjadi teman jamming Joey, dan pada saat itu Joey masih berusia 8 tahun. 

Kemudian ledakan prestasi yang diukir Joey sendiri adalah ketika merilis album debut berjudul ?My Favorite Things?. Pencapaian yang sangat luar biasa dari album debut tersebut adalah dengan sukses bercokol di jajaran Billboard 200 Album Charts.

Tak berhenti di situ saja, Joey melanjutkan pencapaiannya dengan tampil di Newport International Jazz Festival. Dan tentu saja yang paling menggemparkan dunia adalah tepat di penghujung tahun ini. Joey Alexander resmi masuk ke dalam dua nominasi Grammy Awards 2016 yakni kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album.

Bukan saja masyarakat Indonesia yang menjadi heboh, dunia musik internasional pun juga terperangah melihat apa yang telah diukir oleh bocah yang masih berusia 12 tahun itu. Berbagai media internasional pun juga terhipnotis dengan kiprah si anak ajaib di dunia musik jazz.

Bahkan media sekelas New York Times pun membandingkan Joey Alexander dengan orang yang berpengaruh di Amerika. Joey kemudian langsung menjelma menjadi sosok yang begitu digemari dan memiliki banyak penggemar di berbagai penjuru dunia.

Hebat bukan? Di usianya yang masih belia, ia sudah banyak mengukir prestasi. Kamu kapan ? Yuk action !

Leave A Reply

Your email address will not be published.