Berita Nasional Terpercaya

Pengalihan Lalu Lintas Menuju Parangtritis Cegah Kemacetan Musim Liburan

0

BANTUL, HarianBernas.com – Rekayasa lalu lintas diberlakukan di sejumlah titik ruas Jalan Parangtritis pada liburan akhir tahun ini oleh Dishub Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Sejumlah titik yang diberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari simpang tiga tembi, simpang empat manding sampai simpang empat Bakulan,” Suwito, Kepala Dishub Bantul saat ditemui wartawan pada Minggu (27/12).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan akibat datangnya kendaraan dari berbagai arah. Salah satu objek wisata Daerah Istimewa Yogyakarta ini, selalu dipadati oleh pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota.

Kendaraan yang datang dari arah utara, dipersilahkan untuk jalan terus ke arah selatan menuju pantai saat berada di persimpangan, begitu pula sebaliknya. Untuk kendaraan yang berasal dari arah barat atau timur dan mau menuju ke selatan, tidak boleh langsung memotong di persimpangan. Kendaraan yang datang dari arah barat harus ke utara terlebih dahulu.

Rekayasa lalu lintas ini berhasil membuat arus kendaraan tetap lancar. Rekayasa lalu lintas juga memberlakukan sistem buka tutup di jalur menuju Pantai Parangtritis.

Puluhan personel pengendalian dipersiapkan di tempat pemungutan retribusi (TPR) pantai Parangtritis, untuk menghadapi liburan panjang akhir tahun 2015. Menurut Suwito, kelancaran arus di TPR menjadi penentu kelancaran lalu lintas di kawasan objek wisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.