Berita Nasional Terpercaya

Gua Pindul, Magnet Baru Objek Wisata Alam Gunungkidul Dijubeli Wisatawan Saat Musim Libur

0

WONOSARI,HarianBernas.com–Liburan panjang akhir pekan, yang merupakan gabungan libur hari raya Maulid Nabi dan hari raya Natal, dimanfaatkan para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia untuk berkunjung ke obyek-obyek wisata di DIY, termasuk di Gunungkidul. Puluhan ribu wisatawan membanjiri tempat-tempat wisata di DIY, mulai dari obyek wisata pantai, museum, obyek wisata sejarah, alam dan berbagai obyek wisata yang indah dan menarik lainnya.

Di Kabapaten Gunungkidul, misalnya, ribuan wisatawan menikmati hari libur di pantai maupun di obyek wisata alam, seperti di Gua Pindul. Dengan didukung cuaca cerah, semua kawasan wisata dijubeli pengunjung, sehingga berbagai jalan menuju obyek wisata pun macet. Dan Gua Pindung menjadi magnet baru obyek wisata alam di Gunungkidul, DIY.

Berdasarkan pemantauan HarianBernas.com hingga Minggu (27/12) sore, kemacetan arus lalu lintas terjadi di beberapa titik menuju kawasan wisata. Di Jalan Wonosari-Jogja pun arus kendaraan mengular hingga puluhan kilometer. Kendaraan berjalan hanya merambat pelan. Bahkan menurut salah satu wisatawan, Sulistyo (46), warga Piyungan, Bantul, ketika akan ke Pantai Baron, ia membutuhkan waktu hingga 4 jam. ?Padahal biasanya 1,5 jam sudah sampai, tetapi saat liburan ini hingga 4 jam,? katanya.

Lebih parah lagi terjadi di obyek wisata Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Jumlah pengunjung melebihi kapasitas lokasi wisata. Tidak mengherankan, para wisatawan harus antri beberapa jam untuk bisa masuk goa.

Koordinator Tempat Penarikan Retribusi (TPR) 1 Goa Pindul, Widodo mengatakan, untuk obyek wisata ini mulai terjadi lonjakan pengunjung sejak tanggal 24 Desember lalu. ?Sekarang untuk yang melalui TPR 1 ini setiap harinya mencapai 16.000 wisatawan, bahkan tanggal 25 Desember kemarin mencapai 18.000 wisatawan,? katanya.

Widodo menjelaskan, pihaknya memprediksi, lonjakan masih akan terjadi hingga sepekan mendatang. ?Prediksi kami mungkin sampai tahun baru masih tetap ramai,? ujarnya. Padahal pada hari biasa, obyek wisata Goa Pindul hanya ada dikunjungi sekitar 3.000  wisatawan.

Menurutnya, wisatawan yang datang didominasi menggunakan kendaraan pribadi dengan plat kendaraan dari luar daerah. ?Ada jga yang menggunakan bus, tapi kebanyakan rombongan sekeluarga,? jelasnya.

Sementara Deny Citra Susila, salah seorang wisatawan warga Pekalongan mengaku, akibat melonjakanya jumlah pengunjung, dirinya harus mengantri hingga 2 jam lebih untuk bisa melakukan peyusuran ke Goa Pindul. ?Ya harus sabar,? katanya. Meskipun harus menunggu lama, Deny mengaku bisa memaklumi dengan kondisi liburan yang semuanya ingin menikmati wisata andalan Gunungkidul ini.

Meski demikian, pihaknya berharap pihak pengelola tetap membatasi jumlah wisatawan yang masuk goa. ?Karena kondisi wisatawan yang saling berdesakan tentu saja akan mengurangi kenyamanan,? katanya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.