Berita Nasional Terpercaya

Hingga Tengah Musim Liburan, Kunjungan Wisata Gunung Kidul Capai 140 Ribu Wisatawan

0

GUNUNG KIDUL, HarianBernas.com – Masa liburan natal dan tahun baru belum usai, namun kunjungan wisatawan ke seluruh  destinasi wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta sudah mencapai 140.000-an wisatawan.

“Hingga saat ini, total ada 140ribuan wisatawan ke Gunung Kidul. Dari jumlah tersebut 80 persen diantaranya masuk kawasan pantai. Puncaknya Sabtu (26/12) yang mencapai 42 ribu wisatawan masuk ke Gunung Kidul,” kata Hary Sukmono, Kepala Bidang Pengembangan produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul, Senin (28/12).

Baca juga: Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

Perhitungan tersebut berdasarkan jumlah wisatawan yang telah ditarik retribusi wisata di tempat-tempat wisata di Gunung Kidul.

“Kunjungan ini akan bertambah terus sampai pergantian tahun besok,” imbuhnya.

Menurut Hary, pihaknya menargetkan akan ada 200ribu kunjungan wisata pada liburan kali ini.

“Jika melihat jumlah sekarang, mungkin akan tercapai,” katanya.

Menurut, Edi Susilo, Wakil Ketua Komisi B DPRD Gunung Kidul retribusi objek wisata, masih belum maksimal. Objek Wisata Gua Pindul, misalnya, masih kerap ditemukan kebocoran, terutama untuk bus.

“Rata-rata setiap bus hanya membayar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Padahal kalau melihatt tempat duduk penumpang untuk bus medium berisi 30 penumpang dan bus besar minimal 44 penumpang,” katanya.

Menurutnya, kebocoran ini menyebabkan pemasukan dari sektor pariwisata menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Mengenal Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik

Leave A Reply

Your email address will not be published.