Berita Nasional Terpercaya

Metode Montessori: Sumbangan Maria Montessori Untuk Dunia Pendidikan

0

ITALIA, HarianBernas.com— Apakah Anda pernah mendengar tentang sekolah internasional Montessori? Apakah Montessori hanya sebuah nama sekolah?

Maria Montessori lahir di Chiaravalle, Ancona, Italia, pada tanggal 31 Agustus 1870. Ia adalah seorang pendidik, ilmuwan, dan doktor wanita pertama di Italia. Ia mengembangkan sebuah metode pendidikan anak-anak dengan memberi kebebasan bagi mereka untuk melakukan kegiatan dan mengatur acara harian. Metode ini dikenal dengan nama Metode Montessori.

Ia menaruh perhatian dengan masalah anak-anak yang mengalami keterbelakangan fisik dan mental. Pada tahun 1907, ia mendirikan sekolah khusus bagi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di Roma. Ia menggunakan caranya sendiri (Metode Montessori) dan berhasil mendidik anak-anak tersebut dengan hasil seperti anak-anak biasa. Sekolah inilah yang kemudian disebut sebagai Sekolah Montessori.

Ia membuat sebuah sekolah bagi anak-anak jalanan di Italia (Casa de Bambini) dan memberikan pendidikan secara cuma-cuma pada anak-anak ini. Montessori menyatakan persamaan hak anak didik, semua anak akan belajar untuk berkembang sendiri menjadi dewasa, dengan bimbingan dari guru.

Montessori telah melakukan banyak penelitian dan membuat sebuah metode pembelajaran yang sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.