Berita Nasional Terpercaya

Dialog dan Silaturahmi Setiap Bulan, Kunci Kerukunan Umat Beragama di Lebak, Banten

0

LEBAK, HarianBernas.com – Di Kabupaten Lebak, Banten, kondisi kerukunan agama bisa dikatakan kondusif. Walaupun terdapat perbedaan agama, mereka tetap saling menghargai satu sama lain.

“Dialog antar umat beragama dan silahturahmi terus dijalin untuk meminimalisir terjadinya perselisihan,” kata KH Baijuri selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lebak saat mensosialisasikan Peraturan Bersama (PBM) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8/2006 dan Nomor 9/2006 pada Senin (28/12).

Dialog kerukunan antar umat beragama, kerukunan intern antar agama dan pendirian tempat ibadah menjadi salah satu kegiatan sosialisasi. Peserta yang ikut sosialisasi adalah pemerintah daerah, tokoh masyarakat, pemuka agama dan kepala desa / kelurahan.

Belum pernah terjadi ancaman perpecahan maupun tindakan antar kekerasan antar agama di Kabupaten Lebak, Banten.

Setiap bulan, selalu diadakan pertemuan sekaligus sosialisasi mengenai pentingnya kerukunan antar umat beragama. Pemeluk agama Kristen, Katolik, Buddha, Konghuchu, Islam dan Hindu berhubungan dengan baik. Dihimbau untuk tidak melakukan tindakan kekerasan / anarkis ketika terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat seharusnya bisa diselesaikan dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.