Berita Nasional Terpercaya

Gempa Berkekuatan 5,2 SR, Guncang Maluku, Kampus IAIN Ambon Rusak Parah

0

MALUKU, HarianBernas.com – Guncangan keras terjadi di Seram Barat, Maluku membuat beberapa bangunan rusak dan warga panik.  Gempa bumi berskala 5,2 SR yang terjadi pada Senin (28/12) pukul 00.26 waktu setempat itu bahkan terasa cukup kuat di Ambon.

Kerusakan cukup parah terjadi di gedung IAIN Ambon dan Gedung Program Studi Ekonomi Syariah. Gedung Rektorat mengalami keretakan di bagian dinding dan tangga penghubung lantai 2 dan 3. Selain itu, hampir semua plafonnya runtuh.

Saat itu, beberapa mahasiswa yang kebetulan masih berada di lantai dua gedung Kampus Iangsung berhamburan keluar dan menyelamatkan diri.

“Kita harus menyelamatkan diri. Gempanya cukup keras. Semua dinding, kaca dan gedung ini berbunyi sangat keras. Kita bahkan menyangka gedung runtuh. Makanya kami semuanya berlari keluar dari gedung,” ujar Iksan Reliubun, salah satu pengurus UKM Pers di lokasi.

Tak hanya mahasiswa, petugas keamanan yang bertugas malam itu, juga berlari-larian menyelamatkan diri. 

“Goyangannya gempa sangat kuat. Bahkan rubuhnya plafon-plafon dan retaknya dinding membuat kami semuanya berlari”, tutur Abdullah Marasabessy, Komandan Satpam kampus IAIN Ambon.

Jumlah korban dan kerusakan lain, memang masih belum diketahui, namun gempa yang berpusat di 64 km sebelah barat daya Seram Barat dan di kedalaman 10 km ini dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.