Berita Nasional Terpercaya

Desember 2015 Bandung Terpilih Sebagai Kota Design Bersama Singapura dan Detroit

0

BANDUNG, HarianBernas.com – Setelah menunggu lebih dari tiga tahun, akhirnya Bandung terpilih sebagai salah satu dari 47 kota yang ditunjuk menjadi anggota baru UNESCO Creative Cities Network oleh Irina Bokova, Direktur Jendral UNESCO. “Kita menunggu tiga tahun mendaftar saat saya belum jadi wali kota itu tahun 2012. Tahun lalu gagal karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Alhamdulillah tahun ini dapat anugerah itu,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

Sebelumnya, terdapat 22 kota dari negara yang tidak terwakili. Hal ini termasuk peningkatan. Menegaskan peran budaya sebagai alat pembangunan merupakan tugas dari UNESCO Creative Cities Network. “Saya ingin mengakui banyak kota baru dan negara-negara yang memperkaya jejaring dengan keanekaragaman mereka,” ujar Iriana Bokova, saat UNESCO merayakan ulang tahun ke-10 Konvensi tentang Perlindungan dan Promosi Keanekaragaman Ekspresi Budaya, Jumat (11/12).

Tujuan dari organisasi yang didirikan pada tahun 2004 adalah mendorong kerjasama internasional dengan dan antarkota agar berkomitmen untuk berinvestaso dalam bidang kreativitas sebagai poros penggerak pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, inklusi sosial, dan semangat budaya. Sampai saat ini sudah ada 116 kota dari berbagai negara yang bergabung dalam UNESCO Creative Cities Network.

Setiap kota yang bergabung dengan UNESCO Creative Cities Network berkomitmen untuk mengembangkan budaya dari masing-masing kota. Terdapat tujuh bidang yang dikembangkan kebih lanjut, yaitu sastra, media, seni musik, kesenian dan kerajinan rakyat, film, gastronomi, dan desain.

Untuk kategori desain, terdapat enam kota, yaitu Budapest (Hungaria), Puebla (Meksiko), Singapura (Singapura), Detroit (Amerika Serikat), Kaunas (Lithuania), dan Bandung (Indonesia). Adalah suatu kehormatan untuk mendapatkan gelar ini.

Baca juga: Mengenal Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik

Leave A Reply

Your email address will not be published.