Berita Nasional Terpercaya

Cegah Kemacetan Musim Liburan, Kendaraan Angkutan Barang Tertentu Dilarang Beroperasi

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Menanggapi kemacetan lalu lintas angkutan darat pada masa liburan natal dan tahun baru, kendaraan angkutan barang tertentu dilarang beroperasi di jalan nasional dan jalur wisata. Kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini hanya berlaku mulai 30 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016 di jalan tol maupun non tol. 

Larangan ini diketahui hanya berlaku di Seluruh Jawa – Bali dan Lampung.

Menurutsurat edaran Nomer 49 Tahun 2015, kendaraan yang dilarang yakni kendaraan pengangkut bahan bangunan, truk tempelan/gandengan, kontainer, dan kendaraan pengangkut barang dengan sumbu lebih dari dua. 

Larangan ini bersifat longgar, karena diberikan pengecualian apabila dalam situasi yang penting. 

“Kendaraan pengangkut BBM, BBG, bahan pokok, pupuk, susu murni, barang antaran pos, dan barang ekspor-impor, masih diijinkan beroperasi” ujar Plt Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Sugihardjo dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (29/12). 

Bahan pokok yang dimaksud adalah gula, beras, minyak goreng, terigu, daging sapi, daging ayam, telur, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan kacang tanah.

Kendaraan yang masuk dalam pengecualian, tidak membutuhkan izin khusus untuk beroperasi, cukup dengan memunjukkan surat jalan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.