Berita Nasional Terpercaya

Kejaksaan Agung Minta Izin Presiden untuk Periksa Setya Novanto

0

JAKARTA,HarianBernas.com–Kejaksaan Agung (Kejagung) sudah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta izin memeriksa mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus “Papa Minta Saham”.

Hingga saat ini status kasus dugaan permufakatan jahat tindak pidana korupsi perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia yang menyeret Setya Novanto masih dalam tahap penyelidikan. “Belum masuk tahap penyidikan, masih pembahasan tahap penyelidikan,” kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Arminsyah, kemarin.

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

 Beberapa pihak yang telah dimintai keterangan terkait kasus tersebut antara lain Menteri ESDM Sudirman Said, Presiden PT. Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin dan Sekjen DPR RI. Kejagung juga telah menerima barang bukti rekaman yang dilakukan Maroef dalam pertemuan dengan Novanto dan pengusaha Riza Chalid terkait kasus “papa minta saham” tersebut yang mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres JK.

Menanggapi surat Kejagung tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan surat dari Kejaksaan Agung kepada Presiden RI Joko Widodo untuk pemeriksaan mantan Ketua DPR RI Setya Novanto merupakan prosedur normal. Sebab, semua anggota DPR, termasuk Setya Novanto, yang hendak diperiksa oleh kejaksaan harus dengan izin presiden.

Menurut Wapres, pemerintah belum membicarakan surat izin pemeriksaan untuk Kejaksaan Agung bagi pemeriksaan Novanto. Dikatakan, lembaga hukum tidak boleh membeda-bedakan warga negara untuk diadili sesuai hukum yang berlaku. “Jadi ya tergantung pandangan jaksa agung,” kata JK.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Leave A Reply

Your email address will not be published.