Berita Nasional Terpercaya

Selalu Melibatkan Tangan Tuhan, Perusahaan Tertua di Amerika Ini Buka 221 Cabang di Seluruh Dunia

0

HarianBernas.com – Dapatkah kekuatan iman membuat kita sukses? Bukankah kekuatan iman juga harus diimbangi dengan kemampuan inteligensi?

William Colgate lahir pada 25 Januari 1783 di Kent, Inggris. Karena konflik politik, Colgate dan orangtuanya terpaksa meninggalkan Inggris pada Maret 1798 dan menjadi imigran di Amerika Serikat. Mereka menetap di sebuah perkebunan di Harford Co., Maryland. Untuk bertahan hidup, keluarga ini bekerja sama dengan Ralph Maher memulai usaha pembuatan sabun dan lilin.

Namun usaha ini tidak bertahan lama dan keadaan pun mulai memburuk bagi keluarga Colgate. Di tengah kegagalannya, ia mendapatkan nasihat imani dari temannya. Pada 1804, Colgate bekerja sebagai tenaga magang di sebuah perusahaan sabun. Dari situlah ia belajar banyak mengenai liku-liku dunia bisnis. Ia bekerja dengan penuh dedikasi dan selalu belajar dari berbagai sumber, termasuk dari mereka yang gagal. Setelah perusahaan itu tutup, Colgate merintis usahanya sendiri.

Hanya dalam waktu enam bulan perusahaannya sudah mampu membuat produk-produk seperti sabun tangan, sabun toilet, dan sabun cukur. Meski Colgate sangat sibuk dalam mengelola usahanya, ia tidak melupakan Tuhan. Kesuksesan Colgate dicapai karena ia mengikuti prinsip-prinsip Alkitab. Ia bahkan memerintahkan akuntannya untuk meningkatkan jumlah persembahan untuk gereja yang semula 20 persen menjadi 30 persen.

Kini perusahaan Colgate menjadi salah satu perusahaan tertua dan terbesar di Amerika Serikat dengan 221 cabang di dunia.

Colgate selalu mempercayakan perusahaannya dalam tangan Tuhan. Ia bahkan selalu memperhatikan gereja dengan memberikan persembahan. Tidak hanya belajar dari kegagalannya saja, melainkan ia juga belajar dari kegagalan orang lain. Terkadang kegagalan menjadi sumber belajar yang paling berharga dalam kehidupan, karena dengan belajar dari kegagalan kita berusaha untuk tidak gagal lagi melainkan menjadi seseorang yang sukses.

Leave A Reply

Your email address will not be published.